Prof. Meinhard Schilling Menjelaskan, Fisika Instrumentasi Lahirkan Banyak Produk

Jumat, 27 September 2019

PEKANBARU-riautribune: Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau resmi mengundang peneliti kelas dunia dari Technische Universitaet Braunschweig Jerman melalui Program World Class Professor (WCP) 2019 dibiayai Kemenristekdikti, Prof. Meinhard Schilling, sekaligus menjadikannya sebagai narasumber dalam di kuliah Umum dan Workshop.
    Kepada wartawan, PIC WCP 2019, Dr.-Ing. Lazuardi Umar disela-sela kuliah umum yang bertemakan “Instrumentation System for Medical, Industrial and Environmental Applications” diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang instrumentasi diberbagai bidang, terutama bagaimana kemudian ilmu pengetahuan dari kampus berkolaborasi dengan dunia industri dalam pengembangan peradaban ilmu pengetahuan
    “Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menggairahkan atmosfir riset yang berkualitas, tetapi juga berdampak luas bagi peningkatan wawasan dosen Universitas Riau dan peneliti instansi lainnya,”Ucap Lazuardi
Kepada riautribune, Lazuardi turut mengenalkan beberapa kepakaran yang dimiliki oleh Prof. Meinhard, menghasilkan lebih dari 220 publikasi jurnal ilmiah dan memiliki 8 paten dengan nilai h-indeks 22 serta menjadi reviewer untuk dana DFG, Dana Industri Jerman (Deutsche Industriestiftung), pakar Zeiss-Stiftung untuk aplikasi paten Jerman.
  “Kepakaran yang dimiliki oleh Prof. Meinhard Schilling di bidang Instrumentasi ini, kita harapkan mampu menstimulasi keterbatasan kompetensi yang dimiliki dosen Fisika Instrumentasi dan Jurusan Fisika FMIPA Universitas Riau sehingga terjadi peningkatan kualitas penelitian yang pada akhirnya terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas output riset dalam bentuk publikasi ilmiah,”Ucapnya.
   Disela-sela acara Prof. Schilling kepada Riautribune menuturkan bahwa dirinya cukup apresiasi atas respon pertanyaan yang diberikan oleh peserta yang hadir. “Atmosfir akademiknya cukup hidup, dan inilah sebenarnya roh sebuah universitas, saya bangga dan senang pernah diundang kesini,”Ucapnya. (rls)