Kualitas Udara di Riau Masih Tidak Sehat

Selasa, 24 September 2019

PEKANBARU - riautribune : Kendati sebagian besar wilayah Riau diguyur hujan dengan intensitas sedang-lebat pada Senin (23/9/19), namun asap pekat masih menyelimuti wilayah Riau. Jarak pandang di Riau masih terbatas.

BMKG Mencatat, jarak pandang di Pekanbaru hanya 700 meter, di Inhu 700 meter, Pelalawan 800 meter dan di Dumai 1.800 meter.

Menurut forechaster BMKG, Ahmad Agus Widodo, kualitas udara di Pekanbaru masih ada di angka 239,11. Yaitu masih pada level tidak sehat kendati sudah menurun dari sebelumnya yang ada di level sangat berbahaya.

 "Riau masih berpotensi jarak pandang yang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel kering seperti asap dan haze. Namun, hari ini ada peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Riau. Terutama di Inhil dan Meranti. Warga tetap diminta waspada terhadap penurunan kualitas udara dan jarak pandang akibat peningkatan polusi udara yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan," terangnya.

Tentang titik api, Ahmad Agud Widodo mengatakan bahwa jumlah titik panas ada 39 titik. 27 diantaranya diduga kuat sebagai titik api yang tersebar di beberapa daerah di Riau. Titik api tersebut ada di Bengkalis 2 titik,? Dumai 4 titik, Rohil 13 titik dan Inhil 8 titik.*(rtc)