Dr. Husnul: “Riau Sangat Siap Menjadi Mitra Pertamina”

Kamis, 19 September 2019

Foto Dr. Husnul Kausarian, PhD.

PEKANBARU - riautribune: Pralihan Pengelolaan Blok Rokan dari PT CPI ke PT Pertamina sebagai pihak pemenang tender pemerintah sudah didepan mata, menyikapi ini Pemerintah daerah Provinsi Riau dan masyarakat Riau siap berkolaborasi membangun bangsa melalui pengelolaan sumber daya alam Riau yang menjadi primadona pendapat Indonesia selama berkade ini. Demikian diungkapkan oleh Akademisi Geologi Perminyakan Universitas Islam Riau Husnul Kausarian, PhD. ketika diwawancarai Riautribune.com di ruang kerjanya, Rabu (19/9).

 

“Kita tegas menyakan sikap, siap dan sedia untuk berkolaborasi bersama Pertamina dalam pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam bangsa ini. Kami paham ini sebuah tantangan baru, namun anak-anak bangsa ini telah siap, Riau dengan sumber daya manusia bidang perminyakannya pun siap, sehingga pemerintah tidak perlu khawatir. Yang kita perlukan adalah langkah dan aksi bersama” Ucap Husnul.

 

Kepada riautribune.com Husnul menuturkan bahwa dirinya pernah berdiskusi satu forum dengan Wakil Menteri ESDM Achandra Tahar terkait komitmen Pemerintah terhadap daerah untuk kolaborasi pengelolaan Migas.

 

“Ketika itu beliau tegas kok menyatakan bahwa, pada dasarnya Pertamina memandang hubungan itu sebagai hubungan business to business (B to B), artinya professional dan siap bermitra, sekalipun dengan pihak daerah. Menyambut peluang itu, Riau tentu bersikap siap dan dengan segala upaya kemampuan SDM nya siap untuk menjalan tugas itu bersama, apalagi prestasi Riau dalam pengelolaan blok migas sudah teruji dan mendapatkan apresiasi dari Pemerintah pusat melalui perusahaan daerah yang dimilikinya” Ucap Husnul.

 

“Saat ini Pertamina tentu sedang membutuhkan energi besar dalam persiapannya mengelola Blok Rokan, selain sedang berhadapan dengan masa transisi, Pertamina juga didorong oleh kondisi Blok yang sedang menurun, tercatat dari data World Program & Budgeting, terjadi penurunan yang signifikan 2 tahun kebelakangan ini dari 210 rb bpd menjadi 150-170 rb bpd saat ini”. Ucap Doktor muda bidang geologi asal Riau ini. Disambung olehnya, “Oleh karena itu Pertamina pasti sangat membutuhkan partner dalam memaksimalkan kerjanya dan saya juga meyakini bahwa Pertamina pasti punya kriteria sendiri dalam menentukan partner, dan saya melihat bahwa saat ini Provinsi Riau sudah siap dalam membantu Pertamina untuk memaksimalkan pengelolaan Blok Rokan ini”.

 

Ditambahkanya, kemampuan dan sinergistas daerah Provinsi Riau tidak usah lagi diragukan oleh Pemerintah pusat.

“Kita siap untuk berakselerasi, mengembangkan sumber daya alam untuk pembangunan bangsa, dan dirasakan oleh masyarakat daerah terutama Riau serta bisa secara langsung menyentuh masyarakat dengan memaksimalkan kerjasama ini” Ucap Husnul. Menutup wawancara, Husnul meyakini bahwa BUMN Pertamina tentu sudah memiliki perencanaan strategis dan matang dalam jangka panjang untuk pembangunan bangsa Indonesia, “Kita sudah melihat kinerja Pertamina belakangan ini sangat apresiatif, terbukti dengan terlibatnya Pertamina dalam proyek-proyek strategis yang menyentuh langsung kepada masyarakat melalui program-program yang dibuat. Kita berharap ini menjadi energi positif yang bisa dirasakan oleh anak bangsa kedepan”, tutupnya.(rls)