Pemprov Riau Tolak Bantuan Anies Baswedan, Ini Alasannya

Rabu, 18 September 2019

PEKANBARU  - riautribune : Tawaran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan mengirimkan puluhan petugas untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, mendapat penolakan dari daerah ini.

 

Lantas apa alasan Pemprov Riau menolak bantuan dari Pemprov DKI Jakarta tersebut?

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution menyampaikan alasan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menolak bantuan personel gabungan dari Pemprov DKI Jakarta untuk pemadaman Karhutla Riau. "Saya kira kita belum butuh (bantuan personel dari Pemprov DKI Jakarta), karena kita masih memiliki kemampuan baik personel dan lainnya," kata Wagubri, Selasa (17/9/2019).

 

Meski begitu, lanjut Edy, Pemprov Riau mengucapkan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ingin mengirim 65 personel untuk membantu pemadaman Karhutla Riau. "Ya kita ucapkan terima kasihlah atas perhatian itu. Tapi untuk sementara kita katakan ke Pemprov DKI, kita belum membutuhkan (bantuan personel)," ujarnya.

 

Menurutnya, jika Pemprov Riau membutuhkan bantuan personel pasti akan disampaikan. Bahkan Pemprov Riau tak segan-segan minta bantuan kepada masyarakat. Ditanya apakah Pemprov DKI Jakarta sudah ada melakukan komunikasi untuk pengiriman bantuan personel itu, Edy Natar menyatakan secara formal belum ada.

 

"Karena kita juga belum butuh. Kalau kita diberi seseorang, tapi kita belum butuh terhadap itu. Tentu tidak perlu," tukasnya. (ckp)