Komisi II DPR RI Tinjau Persiapan Pemilu di Riau .

Jumat, 29 Maret 2019

Komisioner KPU Pekanbaru Yelli Berfoto bersama Tabrani Makmun Anggota DPR RI bersama komisioner lainnya

PEKANBARU-riautribune: Anggota Komisi II DPR RI, Tabrani Maamun, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau, Kamis (28/3/2019) dalma rangka chek and richek kesiapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Provinsi Riau. Selain ke Riau, Komisi II juga road show ke seluruh wilayah di Indonesia untuk memastikan tahapan Pemilu berjalan sesuai dengan tahapan.

Hal itu dikatakannya kepada Radio Republik Indonesia, Kamis (28/3/2019), usai menjadi nara sumber dalam kegiatan Sosialiasi Pendidikan Pemilih Pemilu Serentak 2019, di Kota Pekanbaru.

"Koordinasi rutin antara Komisi II DPR RI dengan mitra terkait, KPU dan Bawaslu merupakan bahagian dari pengawasan dan monitoring terhadap pelaksanaan Pemilu Serentak 2019," jelasnya.

Dikatakan, bahwa pihaknya sudah siap mengawasi para penyelenggara Pemilu.

"Kami sudah bersepakat di komisi II, bahwa menjelang pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 april 2019, kami fokus untuk mengawasi kesiapan penyelenggara Pemilu di seluruh tanah air," kata Tabrani Maamun.

Tidak hanya jajaran KPU dan Bawaslu, ia pun menegaskan mengawasi pula pihak lain yang terkait dalam pemilu ini.

Seperti halnya sektor dan instansi pengamanan yaitu TNI, Polri, dan Kejaksaan. Termasuk juga keterlibatan Pemerintah Daerah yang dirasa akan sangat penting dalam proses pesta demokrasi.

Selain itu, pihaknya mengumpulkan berbagai persoalan yang timbul disaat proses penyelenggaraan Pemilu. Disamping mencari penghambat secara teknis maupun non-teknis dalam jalannya Pemilu.

"Tujuannya satu, kami ingin Pemilu ini berjalan dengan lancar, sukses, damai, adil, jujur, dan legitimate," ucapnya.

Tabrani juga mengatakan dalam perjalanannya mengawasi jalannya Pemilu selama ini, ada saja permasalahan yang timbul. Tetapi dapat diselesaikan KPU maupun Bawaslu, khususnya terkait dengan logistik Pemilu di sejumlah daerah.

Termasuk sejumlah persoalan yang masih bergantung dan berada di Mahkamah Konstitusi dalam Judisial Review.

"Terkait pindah memilih, penambahan jumlah suara, kemudian belum lagi pengawas TPS Bawaslu yang tentu ini kami akumulasi, akan kami dorong dan siapkan. Kami siap rapat saat masa reses, jika ada suatu hal yang sangat emergency atau mendesak. Putusan MK sudah keluar, mari berpedoman kepada putusan MK itu," ujar dia.

Sosialiasi Pendidikan Pemilih Pemilu Serentak 2019 diikuti ratusan masyarakat dari berbagai kalangan dilaksanakan oleh Sekretariat KPU RI bekerja sama dengan Komisi II DPR RI. Hadir pemateri lain adalah anggota KPU Raiu, Abdul Ramhan dan anggota KPU Kota Pekanbaru, Yely Noviza.

Sebagai nara sumber, Tabrani Maamun, Abdul Rahman dan Yely Noviza menyampaikan tentang teknis Pemilu mulai dari tata cara pemungutan hingga penghitungan suara yang baik dan benar dengan ajakan semua pemilih mempergunakan hak pilihnya pada hari Rabu tanggal 17 April 2019.