El Clasico (Lagi) di Santiago Bernabeu

Jumat, 01 Maret 2019

Jakarta - Setelah berduel di Copa del Rey, Real Madrid dan Barcelona berhadapan lagi akhir pekan ini di Liga Spanyol. El Clasico kembali memanaskan Santiago Bernabeu. Madrid dan Barcelona baru saja bertanding di leg kedua semifinal Copa del Rey.

 

Dalam pertandingan yang dimainkan di Santiago Bernabeu, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB, Barcelona menang 3-0 atas Madrid. Hanya selisih tiga hari, kedua tim kembali berduel. Kali ini Madrid akan menjamu Barcelona di pekan ke-26 Liga Spanyol, Minggu (3/3/2019) dini hari WIB.

 

Bagi Madrid, laga ini bisa jadi ajang pembalasan usai disingkirkan dari Copa del Rey. Apalagi pada pertemuan pertama di Camp Nou pada Oktober 2018, Madrid juga takluk 1-5 di tangan Barcelona. 

 

Namun bermain di kandang sendiri tak selalu mendatangkan keuntungan untuk Madrid. Belakangan mereka justru lebih sering kalah dalam El Clasico di Santiago Bernabeu.

 

Dari enam duel terakhir melawan Barcelona di Santiago Bernabeu di semua kompetisi, Madrid sudah lima kali menelan kekalahan. Satu-satunya hasil positif didapat pada musim 2014/2015 saat Madrid menang 3-1 atas Barcelona di Liga Spanyol.

 

Menghadapi Barcelona, Madrid patut mewaspadai Luis Suarez. Striker asal Uruguay itu sudah bikin 11 gol ke gawang Madrid di semua kompetisi. Terakhir, ia mencetak dua gol di leg kedua semifinal Copa del Rey.

 

Di sisi lain, Barcelona sedang berada di atas angin usai memenangi El Clasico di Copa del Rey dan melaju ke final. Tim arahan Ernesto Valverde itu sedang dalam tren bagus dengan tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan terakhir di Liga Spanyol.

 

Jika bisa kembali mengalahkan Madrid, Barcelona bakal makin mantap di puncak klasemen. Lionel Messi dkk saat ini memimpin dengan 57 poin, unggul tujuh angka atas Atletico Madrid.

 

Sedangkan Madrid ada di urutan ketiga dengan 48 poin. Dari pertandingan lainnya, Atletico akan tandang ke markas Real Sociedad. Baru main pada Senin (4/3/2019) dini hari WIB, Atletico bisa punya kesempatan untuk merapatkan jarak dengan Barcelona jika rivalnya itu gagal dapat poin penuh di El Clasico.(dsc)