76 Sekolah Terima Penghargaan Adiwiyata dari Pemprov Riau

Jumat, 23 November 2018

PEKANBARU - riautribune : Sebanyak 76 sekolah di Provinsi Riau mendapat penghargaan Adiwiyata (Sekolah Peduli Lingkungan) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Pemberian penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Riau, Ervin Rizaldi di kantor Gubernur Riau, Jumat (23/11/2018).


Dia mengatakan, penghargaan itu bentuk apresiasi kepada sekolah yang telah melestarikan dan membuat perubahan dengan melakukan penghijauan di lingkungan sekolah. Dari ribuan sekolah di Riau, sebut Ervin, ke-76 sekolah tersebut berhasil mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata karena semangat melakukan penghijauan di lingkungan sekolahnya.


"Jadi semua sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA sederajat di Riau berlomba-lomba melakukan penghijauan sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan dan menjaga alam," kata Ervin Rizaldi.Untuk penilaiannya, lanjut Ervin, tim yang terdiri dari tiga orang untuk satu unit sekolah mendatangi langsung sekolah-sekolah yang sebelumnya sudah mengisi formulir dan syarat yang diperlukan.


"Saat turun langsung ke lapangan, tim ini dengan sigap melihat apa yang sekolah lakukan terutama oleh anak didik," paparnya. Disamping itu, tambah Ervin, sekolah juga diwajibkan mengisi data yang sudah disiapkan tim. Setelah itu pihaknya melakukan penilaian secara objektif."Tim telah melakukan penilaian secara objektif dan transparan. Kita nilai apa yang ada. Intinya lingkungan bergerak hijau dari murid-muridnya," cakapnya.

Setelah mengisi berkas-berkas ditambah dengan verifikasi di lapangan, akhirnya KLHK Riau memutuskan memberikan penghargaan kepada 76 sekolah dengan nama Sekolah Adiwiyata atau sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.(ckp)