DPR: Kita Apresiasi Upaya Prajurit TNI dalam Penanganan Asap

Senin, 02 November 2015

Ilustrasi Internet

JAKARTA-riautribune: Rombongan Komisi VIII DPR memantau langsung penanganan bencana kebakaran lahan dan hutan di Sumatera Selatan dalam kunjungan reses.  

Dengan naik helikopter dari Palembang, sejumlah anggota Dewan meninjau kebakaran yang masih terjadi di daerah kabupaten Ogan Komering Ilir.

Dalam pemantauan tersebut, Ketua Komisi VIII DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, menyampaikan pihaknya melihat dengan jelas titik-titik api yang masih banyak. Asap yang ditimbulkan juga masih besar.

"Wilayah Sumsel ini tentu masih harus menjadi perhatian serius pemerintah. Sebelum hujan lebat turun, pemerintah tidak boleh menghentikan operasi pemadaman di wilayah ini," ungkap Saleh lewat pesan singkatnya (Minggu, 1/11).

Dalam konteks itu, Komisi VIII meminta agar upaya pemadaman melibatkan partisipasi banyak pihak. Selain BPBD dan kementerian LHK, BNPB diminta untuk mengikutsertakan masyarakat dan perusahaan-perusahaan yang ada di daerah itu. Dengan demikian, diharapkan kebakaran lebih cepat dapat dipadamkan.

"Kita mengapresiasi upaya TNI. Danrem di sini sekaligus ditugaskan menjadi Dansatgas penanggulangan karlahut. Merekalah yang bekerja secara terus menerus di lapangan. Kita harus berterima kasih pada TNI yang kelihatannya tidak pernah lelah untuk terus bekerja," tegasnya.

Setelah kemarin mengadakan rapat terbatas dengan Kepala BNPB dan Sekda Pemerintah Provinsi Sumsel, rombongan Komisi VIII dijadwalkan akan rapat dengan Gubernur Sumsel, hari ini Senin (2/11).(rmol/rt)