Raja Salman Perintahkan Rakyatnya Sholat Istisqa

Ahad, 01 November 2015

JEDDAH: Bencana kabut asap yang melanda Riau khususnya dan Indonesia banyak mendapat simpati dari manca negara. Beberapa negara luar mencoba memberi bantuan mulai dari upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seperti Jepang, Australia, Singapura, Malaysia dan sebagainya. Bahkan ada yang mengirimkan masker serta bantuan obat-obatan bagi korban yang terdampak asap.

Namun lain halnya dengan penguasa Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz. Penguasa negeri minyak ini telah memerintahkan rakyatnya untuk melakukan sholat Istisqa di seluruh masjid yang ada di Saudi Arabia sebagaimana dilaporkan Arab News pada hari Jumat, 23 Oktober 2015. Raja Salman bersimpati dengan bencana asap yang telah melanda sebagian besar Indonesia selama beberapa bulan belakangan.

Pihak Istana Saudi mengeluarkan rilis bahwa perintah itu sesuai dengan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Raja Salman mengajak penduduk seluruh negerinya untuk berdoa kepada Allah SWT agar mendapat pengampunan serta memohon diturunkannya hujan bagi negeri-negeri muslim termasuk Indonesia.

Seluruh penduduk negeri menyambut baik seruan Raja Salman tersebut. Di Makkah, sholat Istisqa dilaksanakan di Masjidil Haram pada Jumat kemarin (30/10) dengan imam Syaikh al-Ghamdi. Di Madinah, sholat Istisqa dilaksanakan di Masjid Nabawi. Adapun di Kota Riyadh, sholat Istisqa dilaksanakan di Masjid Imam Turki ibn Abdullah yang diimami oleh Grand Mufti Syaikh Abdul Aziz al-Sheikh. Dalam doa yang dipanjatkan, jamaah tidak hanya berdoa bagi Saudi saja, namun juga bagi negara-negara muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang sedang terkena bencana asap. (net/jen)