Pasar Saham Indonesia Diyakini Masih Terus Melemah

Jumat, 30 Oktober 2015

Ilustrasi Internet

JAKARTA-riautribune: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepertinya akan terus melanjutkan tren pelemahan. IHSG hari ini diperkirakan akan berada pada rentang support 4.445-4.465 dan resisten 4.585-4.607.

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, mengatakan secara tren memang saat ini IHSG cenderung masih memiliki potensi pelemahan. Terlebih jika aksi ambil untuk dari pelaku pasar kembali marak terjadi. Kendati begitu Reza meyakini masih ada hal yang bisa menjadi topangan jatuhnya IHSG.

"Jika kondisi dari bursa saham Amerika Serikat (AS) dapat lebih baik dan pergerakan dari nilai tukar Rupiah dapat lebih baik maka diharapkan dapat mengurangi potensi pelemahan tersebut," kata Reza dalam risetnya, Jumat (30/10/2015).

Reza meyakini, untuk pergerakan mata uang Garuda masih memiliki potensi berlanjutnya tren penguatan. Namun dirinya ragu terkait nasib laju bursa saham AS. Dia memandang laju bursa saham AS akan bergerak variatif dan cenderung melemah. Terutama jika diasumsikan angka GDP dan klaim pengangguran AS tidak memberikan sentimen yang positif.

"Di sisi lain, respons yang berbeda atas hasil FOMC di mana sebagian pelaku pasar ada yang menganggap The Fed pasti akan menaikan suku bunganya di Desember dapat berimbas negatif pada laju IHSG," pungkasnya.(okz/rt)