Sekda Ingatkan Cinta Budaya Penanda Identitas

Sabtu, 11 Agustus 2018

PEKANBARU - riautribune : Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi mengingatkan pentingnya menanamkan cinta budaya sebagai penanda identitas diri. Karena itu, pembangunan yang dilakukan pemerintah tak semata berbicara fisik belaka.

Pernyataan Sekda ini disampaikannya saat membuka Grand Final Bujang Dara 2018 yang digelar di Grand Ball Room SKA co-Ex. Karena itu, sangat diharapkan kepada para peserta bujang dan dara dituntut memahami spirit kultur khususnya budaya Melayu, sebagai identitas masyarakat Riau.

"Menempa pikiran menyuburkan pekerti. Dari sanalah spirit kultur Melayu itu. Dari kepintaran yang berlandas moralitas. Kita memang sedang tidak sedang membangun sektor pisik belaka, namun lebih jauh, telah mempondasikan keagungan budaya sebagai penanda," kata Sekdaprov Riau, Jumat (10/8/18).

 Mengapa budaya, tanya Sekda. Karena ia adalah sumber segalanya. Era yang terus berubah menjadikan identitas kultural sebagai sebuah keniscayaan. Bangsa yang maju adalah mereka yang tak terlepas dari budaya mereka sendiri.

Seperti halnya China, India dan belakangan Korea. Sebelumnya tentu saja Jepang dengan etos kerja yang berbasis pada kultur khas dan sedemikian berkarakter. Pada akhirnya budaya lebih dari sekedar identitas karena ia adalah filosofi, spirit dan sekaligus inspirasi. Sebagaimana halnya dengan tunjuk-ajar, ia adalah pedoman.

Begitu juga dengan finalis bujang dara yang berlaga malam ini. Tidak hanya dituntut bisa bersaing lalu menjadi terbaik. Tetapi bujang dara yang nantinya dinobatkan tentu saja diamanahkan membawa nama baik Riau.

"Malam ini saya merasa berbahagia, dapat berkumpul dengan kita semua, dan dengan anak-anak kita yang menjadi finalis Bujang Dara. Insya Allah, malam ini, akan dinobatkan Bujang dan Dara Riau 2017," papar Sekda.

"Bukan semata bagian dari kontestan. Ketika lampu pertunjukan sudah redup, panggung usai, maka selanjutnya, seluruh finalis akan kembali ke hadapan publik. Bedanya, kini mereka menyandang status sebagai duta-duta budaya. Menjadi teladan dalam berakal-budi," harap Sekda.

Adapun tema dari acara ini adalah "Sebatang Indragiri, Negeri Para Raja". Kegiatan yang diikuti oleh 50 finalis bujang dara ini menghadirkan artis ibukota Dara Rizki Ruhiana atau lebih dikenal dengan nama Dara The Virgin. Kemudian Miki API yang sempat mendendangkan lagu gadis Melayu.***(rtc)