Hafizh Syahrin Coba Tiru Gaya Lorenzo di Brno

Sabtu, 04 Agustus 2018

Brno - Hafizh Syahrin tampil impresif pada dua latihan bebas MotoGP Republik Ceko. Di balik performanya itu, ada upaya Syahrin untuk meniru gaya Jorge Lorenzo.

Syahrin cuma menempati urutan ke-13 dalam latihan bebas pertama MotoGP Republik Ceko di Sirkuit Brno, Jumat (3/8/2018). Catatan waktu pebalap Tech3 Yamaha itu terpaut 0,781 detik dari rekan setimnya, Johann Zarco, yang menjadi pebalap tercepat.

Akan tetapi, Syahrin mampu memperbaiki posisinya di latihan bebas kedua. Pebalap Malaysia itu melejit ke posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 56,200 detik. Ia cuma kalah 0,224 detik dari Dani Pedrosa yang mencatat waktu tercepat.

Bagi Syahrin, ini adalah hasil terbaik yang ia dapatkan pada hari Jumat dalam semua seri MotoGP yang sudah digelar musim ini. "Pertama-tama, saya tak percaya dengan apa yang saya lakukan dalam dua seri di hari pertama.

Pada sesi kedua, saya berusaha memperbaiki catatan waktu saya dan ketika turun ke lintasan saya yakin bisa meningkat dari sesi pagi. Tim sudah berusaha memberikan setelan motor terbaik," ujar Syahrin di situs resmi MotoGP.

"Pada akhirnya, saya merasa enak di atas motor. Saya mencoba ban keras di depan dan belakang. Pada awalnya saya tak terlalu percaya diri dengan ban keras karena saya mengalami crash di Austin dengan ban itu.

Tapi, dengan kondisi panas seperti ini, saya membuat langkah bagus," tambahnya. Syahrin mengatakan, dirinya mencoba untuk meniru gaya Lorenzo di Brno ketika pebalap Spanyol itu masih membela Yamaha.

Apa alasannya? "Saya berusaha untuk mengendarai motor dengan mulus. Kami tahu bahwa Lorenzo sangat kencang bersama Yamaha di sini dan saya berusaha untuk meniru gaya membalapnya di Brno," katanya.

Syahrin kini menempati peringkat ke-16 di klasemen pebalap MotoGP dengan perolehan 22 poin. Dia sejauh ini menjadi pebalap debutan dengan pencapaian terbaik, di atas Franco Morbidelli, Takaaki Nakagami, Thomas Luthi, dan Xavier Simeon.(dsc)