Empat Penelis Asing Pembicara di Seminar Internasional PSIK UR

Selasa, 27 Oktober 2015

Panelis seminar internasional, Ketua PPNI Provinsi RIau, dan ketua Prodi PSIK H Erwin Skep,Mkep.(riautribune)

PEKANBARU-riautribune: Sebuah kebanggaan bagi Universitas Riau, yang menjadi tuan rumah seminar internasional dengan menghadirkan 5 penelis asal negara tetangga. Demikian diungkapkan Ketua Prodi PSIK disela pembukaan seminar, didampingi ketua PPNI E.Tarigan S.Kes.

"Kegiatan ini lebih terasa gezah nya, karena ada 3 pihak yang terlibat yakni, organisasi keperawatan (PPNI), kampus dengan potensi akademiknya (PSIK) dan beberapa universitas dari negara tetangga. Dengan mengangkat tema holistic care, kita ingin menggaungkan bagaimana pengobatan terintegrasi dan menyeluruh," ucap Ns. Erwin,Mekp.

Ketua PPNI yang hadir menuturkan, organisasi keperawatan di bawah kepengurusannya selalu siap membangun kemitraan dengan kampus khususnya PSIK UR. "Melalui program ini, kita berupaya melahirkan perawat yang profesional, mampu mmberikan pelayanan sesuai standar profesi. Perawat yang memiliki Surat Tanda Registrasi, sehinga betul-betul jelas keprofesiannya," ucap Tarigan yang sibuk menandatangani sertifikat peserta seminar internasional.

Tarigan menuturkan, tanda registrasi tersebut akan ditinjau ulang setiap lima tahun sekali, sebagai bentuk evaluasi atas profesionalitas perawat tadi. "Mereka harus mampu mengumpulkan 25 SKP dalam waktu lima tahun, mulai dari point mengikuti seminar, melahirkan laporan penelitian tentang kesehatan, hingga menjadi panitia pelaksana seminar. Intinya, kita ingin, jangan sampai ada perawat bodong atau tidak profesional dalam menjalankan tugasnya," ucap E Tarigan
  
Sementara itu dalam seminar tersebut akan dibentangkan 84 makalah terbaik bidang Keperawatan, dan 200 peserta turut hadir menyemarakkan Internasional Nursing Confrens yang dilaksanakan Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Riau bekerjasama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Riau, MAHSA University Malaysia (MUM) tersebut.

Ketua pelaksana NS Sofiana Nirhayati didampingi Humas Siti Rahmalia HD,SKp.Minutes mengatakan, pembicara dari 5 negara yang tampil dalam seminar nasional ini yaitu dari Indonesia (Ns. Bayhakki, M. Kep., Sp. KMB., PhD, dari India (Dr. Syed Ali Gulabjan, RN), dari Bangladesh (Mohammed Mustafazur Rahman), dari Malaysia Assoc. Prof. Zahrah Saad, MSc, BSc. Nsg, Edu (MU), SRN, SCM dan dari United Kingdom (Prof. John Miler,DN. MSc. Nursing, BSc Nursing, RN).

"Tujuan dari seminar ini adalah untuk meningkatkan peran organisasi perawat dan perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan secara keseluruhan dan memuaskan dengan memperhatikan perkembangan teknologi dengan penerapan hasil penelitian yang terbaru," ucapnya.
 
Sementara itu Kepala Biro Akademik UR Ahyat, SE mewakili Rektor UR dalam sambutannya menuturkan bahwa PSIK UR melakukan kegiatan seminar ini yang merupakan kegiatan yang berkelanjutan dari kegiatan seminar internasional sebelumnya. Pada tahun 2015 PSIK juga telah mendapatkan akreditasi A dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar bidang keperawatan. (ehm)