Ketua DPR Minta Pemerintah Dukung Samatha Seperti Zohri

Sabtu, 21 Juli 2018

JAKARTA - riautribune : Anak muda Indonesia yang mampu berprestasi di pentas internasional ternyata bukan Lalu Muhammad Zohri seorang. Banyak nama lain juga berprestasi sama. Salah satunya Samatha Editsho.

Seminggu kemarin, nama Zohri begitu dielu-elukan atas keberhasilannya menjadi juara dunia lomba atletik lari 100 meter U-20. Berbagai pujian dan hadiah diberikan ke pemuda asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Ternyata, sebelum Zohri, Samatha Editsho juga mengukir prestasi gemilang. Di akhir Juni lalu, pelajar asal Bandung ini menjadi juara dunia catur pada FIDE World Championship 2018 U-10 di Minsk, Belarusia.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengaku bangga dan menyampaikan apresiasi tinggi atas prestasi Samatha itu. Meski masih sangat belia, Samatha sudah mampu mengharumkan nama bangsa di dunia internasional.

“Saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Samantha Edithso yang menjadi juara dunia catur U-10 di Belarusia. Saya bangga atas prestasinya dan saya harap ia akan terus menjadi juara dunia pada kategori usia di atasnya dan menjadi juara dunia senior nanti,” ucapnya.

Atas prestasi tadi, Bambang meminta Pemerintah memberi penghargaan dan dukungan ke Samantha.

“Dalam usia anak-anak, Samatha sudah menjuarai berbagai turnamen internasional. Ini pertanda bahwa anak-anak kita memang bermutu tinggi. Tentu, perjalanan karirnya masih panjang dan perlu mendapat dukungan dari Pemerintah dan berbagai pihak terkait,” sambung politisi yang biasa disapa Bamsoet ini.

Politisi Partai Golkar dari daerah pemilihan VII Jawa Tengah ini memastikan bahwa DPR juga tidak cuma memberikan pujian. Dia akan meminta Komisi X DPR memberi perhatian khusus dan dukungan ke Samantha.

“Komisi X membidangi pemuda dan olahraga. Saya akan minta Komisi X memantau dan memberi perhatian khusus kepada Samantha, agar ia terus berkembang dan dapat meraih prestasi,” pungkas Bambang. (rmol)