Yan Prana Janji Akomodir Aspirasi Alumni

Ahad, 25 Oktober 2015

PEKANBARU-riautribune: Kongres Ikatan Keluarga Fisip Universitas Riau (UR) secara resmi menetapkan Yan Pranajaya sebagai Ketua IKA Fisip UR yang baru. Yan terpilih secara aklamasi melalui perwakilan alumni dari setiap jurusan yang ada di Fisip UR. Kongres IKA Fisip UR yang sekaligus Reuni Akbar tersebut digelar di Hotel Central, Pekanbaru Sabtu-Ahad (24-25 Oktober).

"Peserta kongres menyepakati, alumni setiap jurusan mengusulkan satu nama. Jadi karena ada empat jurusan, maka muncullah empat nama. Keempat orang ini melakukan musyawarah dan berembuk. Akhirnya keempat perwakilan yang ditunjuk sepakat mengusulkan satu nama sebagai Ketua IKA Fisip, yakni Yan Pranajaya," ujar Ketua Panitia Mubes dan Temu Alumni Fisip Defiandi, S.Sos.

Usai pemilihan kepada wartawan Yan Pranajaya menuturkan bahwa IKA Fisip UR hendaknya tidak hanya menjadi menara gading. Menurut Yan, para alumninya yang banyak menyebar bisa menyatukan ide, gagasan dan sumbang saran bagi kemajuan Provinsi Riau melalui wadah IKA, dan berkontribusi untuk kemajuan Fisip UR khususnya.

"Saya sangat mengapresiasi usul senior kita yang juga Sekda Kabupaten Meranti Drs. H. Iqaruddin MSi, bahwa hendaknya melalui forum ini banyak program bisa kita lahirkan. Bagaimana wadah ini bisa membantu adik mahasiswa yang kesulitan menjalankan studi bisa dibantu melalui beasiswa alumni. Kita juga bisa mendorong para alumni untuk tampil sebagai calon-calon aparatur daerah yang siap mendedikasikan ilmunya. Toh, alumni Fisip UR secara keilmuan tidak kalah dengan perguruan ternama lainnya di Indonesia," ucap Yan Prana yang juga Kepala Bappeda Kabupaten Siak ini.

Kendati demikian, Yan menambahkan diawal masa kepemimpinannya di IKA Fisip ini, dia belum bisa berjanji banyak. Namun Yan memastikan bahwa kegiatan IKA Fisip akan lebih pro aktif dan lebih produktif. "Kita ingin program IKA Fisip bukan hanya monumental, seperti membangun fasilitas bangunan. Memang tidak bisa dipungkiri, ciri masyarakat hari ini suka dengan hal demikian, tetapi yakinlah, Yan Prana dan pengurus IKA Fisip lainnya, akan optimis melaksanakan program yang sesuai dengan aspirasi alumni," urai alumnus magister UGM ini.

Yan pun sempat menyinggung akan menyandingkan sekretaris dan pengurus lainnya dari anak-anak muda alumni Fisip. Hal ini agar program kegiatan yang dirancang bisa berjalan maksimal. "Saya bahkan berharap alumni Fisip ini bisa melakukan sumbang saran dalam penyusunan pembangunan RPJM dan RPJMD. Karena saya yakin mereka mampu," tuturnya. (ehm)