PSIK UR Tuan Rumah Seminar Internasional

Sabtu, 24 Oktober 2015

Foto Internet

PEKANBARU-riautribune: Sebanyak 84 makalah terbaik bidang Keperawatan, dan 200 peserta diperkirakan hadir menyemarakkan Internasional Nursing Confrens yang dilaksanakan Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Riau. Kegiatan ini ditaja bekerjasama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Riau, MAHSA University Malaysia (MUM). Demikian disampaikan Ketua Pelaksana NS Sofiana Nirhayati didampingi Humas Siti Rahmalia HD, SKp. MNs.

Dalam helat ini, berdasarkan kesepakatan bersama, PSIK UR dipercaya sebagai tuan rumah. Seminar Internasional yang ke-2 untuk tahun ini dilaksanakan, Sabtu-Ahad (24-25 Oktober) di Grand Jatra Hotel Pekanbaru. Dijelaskan Siti Rahmalia, seminar ini bertemakan “How to Apply Holistic Care in Nursing Practice”.

Siti Rahmalia mengatakan, pembicara dari lima negara akan tampil dalam Seminar Internasional tersebut, yakni Indonesia (Ns. Bayhakki, M. Kep., Sp. KMB., PhD, dari India (Dr. Syed Ali Gulabjan, RN), dari Bangladesh (Mohammed Mustafazur Rahman), dari Malaysia Assoc. Prof. Zahrah Saad, MSc, BSc. Nsg, Edu (MU), SRN, SCM dan dari United Kingdom (Prof. John Miler,DN. MSc. Nursing, BSc Nursing, RN).

"Tujuan seminar ini untuk meningkatkan peran organisasi serta perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan secara keseluruhan dan memuaskan. Tentu saja dengan memperhatikan perkembangan teknologi dan penerapan hasil penelitian yang terbaru," ucap Siti. Rencananya, tambah Siti lagi, seminar akan dibuka Rektor Universitas Riau, yang diwakili Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Prof. Mashadi, M.Sc.    

Sementara itu, Rektor UR menyatakan bahwa kegiatan Seminar Internasional PSIK UR ini merupakan berkelanjutan yang sudah berjalan sebelumnya. Rektor UR bangga dengan capaian yang telah dilakukan PSIK dengan kegiatannya. Bahkan, kebanggaan tersebut makin bertambah karena untuk tahun 2015 PSIK mendapatkan akreditasi A dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar bidang keperawatan.

Ketua Panitia RINC 2015 Sofiana Nurchayati, M. Kep menambahkan, acara tersebut dilaksanakan sebagai media desiminasi hasil penelitian dan perkembangan terkini dalam  aplikasi keperawatan secara holistik (“holistic care”) agar tercapai pelayanan keperawatan yang prima. Peserta kegiatan ini, katanya, adalah praktisi perawat, pendidik bidang keperawatan serta mahasiswa keperawatan. "Kita berharap usai mengikuti kegiatan Riau Internasional Nursing Conference 2015 ini, dapat meningkatkan implikasi dalam memberikan pelayan keperawatan yang prima," harap Sofiana. (ehm)