FBN Riau Dukung Penanaman Nilai Nasionalisme Pelajar dan Mahasiswa

Rabu, 21 Oktober 2015

PEKANBARU-riautribune: Suhardiman Amby, anggota DPRD Riau mendukung program bela negara yang diluncurkan pemerintah pusat kepada generasi muda di sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi. Hal tersebut, kata Suhardiman, dikarenakan sangat dibutuhkan metode yang jitu untuk mempersatukan Indonesia dengan beragam suku, bahasa, budaya dan agama.

“Kita setuju dengan program bela negara itu. Sebab prinsipnya kan menanamkan rasa nasionalisme pada generasi muda kita. Saat ini penanaman hal seperti itu sudah jauh. Tidak ada lagi penataran P4, Hankamnas, GBHN dan lain sebagainya di sekolah hingga perguruan tinggi. Jadi hal-hal yang positif di era Pak Harto itu, sebaiknya tetap dipakai," kata Suhardiman sambil mengakui bahwa saat ini rasa kebangsaan sudah mulai terusik.

Dikatakannya, program terebut dipandang sangat efektif besar dalam menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik  Indonesia. “Upaya ini lebih didorong untuk generasi muda sebagai harapan bangsa yang akan melanjutkan kepemimpinan dan kelangsungan negara.

Sekretaris Forum Bela Negara (FBN) Provinsi Riau, Dody Haryono, SH, SHI, MH kepada riautribune menuturkan dirinya siap mendukung program kerjasama dengan berbagai kalangan serta pemerintah Provinsi Riau. Terutama, katanya, dalam hal mendalami program pemerintah terkait dengan penanaman spirit bela negara bagi generasi muda.

"FBN sudah terbentuk sejak awal tahun 2015. Sesuai dengan visi misinya, keberadaan FBN untuk mengawal dan melaksanakan program Bela negara. Beberapa program yang menurut kami bisa disinegiskan, seperti Camp Pemuda Bela Negara, Jurnalis Camp serta penanaman nilai-nilai bela negara. Langkah awal FBN sudah berkoordinasi dengan Danrem khususnya melalui Penrem. Kita sudah sepakati beberapa hal, tinggal lagi sekarang menjalankannya," ucap Dody yang juga Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau ini. (ops)