Survei LSI: Demokrat, PKB, dan Gerindra Melonjak jika Calonkan Gatot Nurmantyo

Rabu, 09 Mei 2018

Jakarta - Riautribune:Sosok Joko Widodo dan Prabowo Subianto sudah melekat dengan dua partai yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Gerindra. Lantaran hal itu, partai lain sulit mengambil insentif elektoral dari keduanya.

Namun, lain cerita dengan Gatot Nurmantyo. Mantan Panglima TNI tersebut belum terasosiasi kuat dengan partai manapun. Begitu hasil survei Lingkaran Survei Indikator ( LSI) Denny JA teranyar.

"Untuk Gatot, ketika kami tanya siapa responden yang akan usung di Pilpres? Sebanyak 90,5 persen menyatakan tidak tahu, tidak jawab,"ujar Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa saat memaparkan hasil survei, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

"Belum ada partai yang terasosiasi kuat dengan Gatot Nurmantyo. Padahal kita tahu ketika capres kuat terasosiasi dengan partai, itu akan menaikkan elektabilitas," sambung dia.

Berdasarkan survei LSI Denny JA juga, terlihat adanya dampak bila beberapa partai mencalonkan Gatot Nurmantyo sebagai Capres 2019. Sebanyak 16,5 persen responden memilih Demokrat bila mencalonkan Gatot Nurmantyo sebagai Capres.

Padahal, elektabilitas partai berlambang bintang mercy itu hanya 5,8 persen. Begitu pula dengan PKB. Sebanyak 15,8 persen responden memilih PKB bila mencalonkan Gatot Nurmantyo. Padahal, sebelumnya hanya 6,2. persen.

Bahkan survei LSI Denny JA juga menunjukkan, 19,8 persen responden memilih Gerindra bila mencalonkan Gatot Nurmantyo, naik dari sebelumnya 14,7 persen.

"Tidak hanya pendukung Gatot (yang akan dukung Gerindra) tetapi juga pendukung Prabowo. Sehingga ada dua penggabungan kekuatan," kata Ardian.

Survei LSI Denny JA dilakukan dengan wawancara tatap muka 1.200 responden menggunakan kuesioner pada 28 April - 5 Mei 2018. Metode pengambilan sampel yakni multistage random sampling. Sementara itu, margin of error plus minus 2,9 persen. Ketua MPR RI sekaligus Ketua Partai Amana.(kom)