PSSI Pilih Stadion Pakansari dan Patriot Jadi Kandang di Piala AFF

Kamis, 03 Mei 2018

Jakarta - Riautribune:Timnas Indonesia akan menjalani dua laga kandang di Piala AFF 2018. PSSI sudah menyiapkan dua stadion yang digunakan sebagai markas saat menjadi tuan rumah. Indonesia berada di Grup B Piala AFF 2018 bersama Thailand, Singapura, Filipina, dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Dengan format baru yang digunakan di Piala AFF tahun ini, setiap tim di masing-masing grup akan menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang. Untuk laga kandang, Indonesia dijadwalkan bakal menjamu pemenang kualifikasi pada 13 November. Laga kandang kedua, skuat 'Merah Putih' bakal menjamu Filipina, pada 25 November.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan sudah menentukan dua pilihan stadion yang bakal digunakan, yaitu Stadion Pakansari dan Stadion Patriot. Peluang untuk menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kemungkinan saat kecil.

"Alhamdulillah itu adalah periodenya kami punya banyak pilihan stadion di area Jakarta dan sekitarnya. Kami lihat ketersediaannya seperti apa. Saat ini yang kami ajukan adalah Stadion Pakansari (Kabupaten Bogor) dan Stadion Patriot (Bekasi)," ungkap Tisha usai acara drawing Piala AFF 2018 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

"Kalau SUGBK, setelah Asian Games mereka ada pemulihan lapangan lebih dulu. Tapi kemungkinan kalau untuk fase gugur sudah bisa digunakan. Sedangkan kalau kita menggelar di luar Jabodetabek, itu tergantung dari lawannya. Karena biasanya, mereka tak ingin berkorban lagi untuk perjalanan jauh.

PSSI mau main di Balikpapan pun tak masalah, tapi kembali lagi ke lawannya mau atau tidak," dia menambahkan. Timnas Indonesia akan menjalani laga tandang melawan Singapura di pertandingan pertama, sebelum menghadapi pemenang kualifikasi Piala AFF 2018 di laga kedua. Pada laga ketiga Tim Garuda akan kembali bertandang ke Thailand sebelum menjamu Filipina pada laga terakhir. (dsc))