Pengamat: Pernyataan Amien Rais 'Digoreng' Demi Opini Publik

Selasa, 17 April 2018

JAKARTA -- riautribune : Pengamat Komunikasi Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Umaimah Wahid menilai ada pihak yang sengaja 'menggoreng' pernyataan tokoh politik Amien Rais dari makna awal yang disampaikan. Hal ini dilakukan demi membentuk opini publik dalam pertarungan politik.

"Amien Rais tidak menyebutkan partai apa yang dimaksud. Jadi  apakah yang marah merasa pernyataan tersebut benar atau karena menjelang pilkada atau pilpres. Jadi penyataan Amien Rais digoreng sedemikian rupa untuk kepentingan pembentukan opini publik," ungkap Umaimah kepada wartawan, Senin (16/4) malam.

Dari sisi komunikasi politik, menurut dia, sikap dan pernyataan politik Amien Rais itu bisa membentuk pendidikan politik kepada masyarakat agar lebih kritis lagi. "Saya pikir pendukung Jokowi tidak perlu menanggapi berlebihan karena justru akan menjadi blunder nantinya. Biarkan masyarakat saja yang menilai," imbuhnya.

Bagi dia, pernyataan Amien Rais ini tidak perlu diperdebatkan terlalu berlebihan. karena itu bukan pernyataan yang mendeskreditkan atau menghina.

Namun ia menyadari untuk tetap menjaga kondusifitas, sebaiknya Amien Rais sebagai tokoh reformasi yang ikut meletakkan dasar perubahan di Indonesia, tidak perlu lagi berpolemik. Yakni dengan membuat pernyataan tersebut karena justru akan situasi ini akan digunakan untuk membangun polemik baru ditengah masyarakat.(rep)