Justin Kluivert Jadikan Ronaldo sebagai Panutannya

Sabtu, 31 Maret 2018

AMSTERDAM – Setiap orang tentu memiliki idolanya masing-masing, tak terkecuali bagi bintang muda milik Ajax Amsterdam, Justin Kluivert. Anak dari legenda sepakbola Belanda, Patrick Kluivert, itu mengaku bahwa ia sangat mengidolakan ayahnya tersebut. Namun, selain sang ayah, Justin nyatanya juga mengidolakan pesepakbola lainnya, yakni megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

 

Pemuda 18 tahun itu menerangkan bahwa ia sangat terkesan dengan apa yang Ronaldo lakukan di luar lapangan. Menurutnya, Ronaldo adalah sosok yang peduli dengan sesama dan tidak hanya mementingkan dirinya sendiri.

 

Ia memuji sikap Ronaldo yang suka memberikan sumbangan untuk amal dan bantuan lainnya bagi mereka yang membutuhkan. Apa yang dilakukan oleh Ronaldo tersebut memang membuat publik dunia terkesima, tak terkecuali bagi masyarakat Indonesia.

 

Tentu semua masih ingat dengan kedatangan Ronaldo ke Indonesia pada Januari 2005 untuk menengok korban bencana tsunami Aceh hingga akhirnya ia bertemu dengan Martunis yang kemudian diadopsinya. Justin menilai kalau apa yang dilakukan oleh Ronaldo tersebut adalah hal yang luar biasa.

 

Namun, selain berbagai hal yang dilakukan Ronaldo di luar lapangan tersebut, ia juga mengaku mengidolakan Ronaldo dari sepak terjangnya di atas lapangan.

 

“Tentunya saya memiliki beberapa panutan. Ayah saya adalah satu di antaranya, tapi Cristiano Ronaldo adalah yang lainnya, juga karena apa yang dia lakukan di luar lapangan,” ungkap Justin, seperti diwartakan Give Me Sport, Sabtu (31/3/2018).

 

“Dia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tapi juga yang lainnya. Dia melakukan banyak hal untuk amal dan benar-benar mendedikasikan hidupnya sebagai seorang pesepakbola. Itu merupakan sesuatu yang bisa saya pelajari darinya dan saya ingin melakukannya sendiri juga,” lanjut Justin.

 

Kendati demikian, Justin membeberkan kalau ia sebenarnya merupakan bagian dari pendukung Lionel Messi, yang tak lain adalah rival abadi Ronaldo. Namun, ia bahkan tak ragu menyebut Messi sebagai pemain terbaik di dunia. Namun, ia tetap menjadikan Ronaldo sebagai panutannya.

 

“Saya adalah Tim Messi. Dia adalah pemain terbaik di dunia, tapi Ronaldo adalah panutan bagi saya. Saya yakin Messi bekerja keras juga, tapi saya menyukai cara Ronaldo menyampaikan pesan melalui media sosial. Dia adalah contoh untuk diikuti karena caranya hidup untuk permainan (sepakbola) itu. Itu hebat,” tuntas Justin. (okz)