Timnas Indonesia U-23 Tekuk Singapura 3-0

Kamis, 22 Maret 2018

Singapura - Timnas Indonesia U-23 sukses mengalahkan Timnas Singapura U-23 di laga uji coba. Tim Garuda Muda menang dengan skor telak 3-0.

 

Bertanding di Stasion Nasional, Rabu (21/3/2018), Indonesia sempat memimpin 1-0 di babak pertama. Gol dicetak Febri Hariyadi di menit ke-44.

 

Di babak kedua, dua gol berhasil ditambah anak asuh Luis Milla. Muhammad Hargianto dan Septian David Maulana memastikan Indonesia menang dengan skor 3-0.

 

Laga ini bersifat uji coba bagi Timnas Indonesia, yang menjadi persiapan menuju Asian Games 2018. Indonesia cukup kesulitan di babak pertama. Pemain Indonesia kerap melakukan kesalahan, ditambah lini belakang Singapura yang cukup rapat sehingga sulit menembus kotak penalti lawan.

 

Sementara di sektor sayap tidak begitu berkembang. Febri dan Osvaldo Haay mendapat pengawalan ketat. Alhasil, tendangan dari luar kotak penalti sering dilakukan untuk menebar ancaman.

 

Di menit ke-11, Febri melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun kiper Singapura Zharfan Rohaizad masih bisa menepisnya.

 

Di menit ke-25, peluang emas didapat Ezra Walian. Memanfaatkan kesalahan bek Singapura, ia menggiring bola menuju gawang, namun gagal menaklukkan Zharfan, yang bisa memblok tendangan placing Ezra dengan kaki.

 

Di menit ke-43, Febri akhirnya membawa Indonesia unggul atas Singapura. Pemain Persib Bandung itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang membuat bola meluncur mulus ke gawang Zharfan.

 

Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga istirahat. Tiga menit selepas kick off babak kedua, serangan balik dilakukan Singapura. Namun crossing yang dilepaskan dari sisi kanan cuma melintas di depan gawang Indonesia.

 

Di menit ke-51, Indonesia bisa menggandakan keunggulan lewat Muhammad Hargianto. Menguasai bola di luar kotak penalti, ia mengecoh satu pemain Singapura sebelum melepaskan tendangan ke gawang Singapura yang gagal dibendung Zharfan. Indonesia memimpin 2-0.

 

Gol ketiga Indonesia kemudian lahir di menit ke-65. Lewat serangan balik cepat di sisi kiri, Febri melepaskan umpan tarik yang bisa diteruskan Septian David Maulana menjadi gol. Indonesia menjauhkan keunggulan jadi 3-0 atas tuan rumah.

 

Singapura coba gantian menekan. Tapi lini belakang Indonesia cukup disiplin mengantisipasi. Indonesia pun praktis mengandalkan serangan balik cepat lewat Febri dan Ilham Udin--yang dimasukkan di babak kedua.

 

Di sisa waktu pertandingan, Indonesia coba menambah daya gedor dengan memasukkan Egy Maulana Vikri. Namun hingga laga tuntas, skor 3-0 untuk kemenangan Indonesia tetap bertahan.(dsc)