Data dan Fakta Jelang Arsenal vs Manchester City

Kamis, 01 Maret 2018

LONDON - Arsenal dan Manchester City kembali bertemu di Premier League, usai berduel di final Piala Liga Inggris akhir pekan lalu. Berikut data dan fakta menarik laga ini. Arsenal akan menjamu City di Emirates Stadium, Jumat (2/3/2018) dinihari WIB di lanjutan Premier League.

Keduanya baru saja berhadapan di Minggu (25/2) lalu, dengan Arsenal kalah telak 0-3 dari City. Kekalahan itu menambah besar tekanan Arsenal, yang di Premier League cuma menang dua kali di 11 pertemuan terakhir dengan City. Meski demikian, City juga punya riwayat yang tak bagus di Arsenal. City cuma menang sekali dalam lawatan ke sana, itu dicatatkan lima tahun silam.

Ada sejumlah catatan menarik lainnya menuju duel Arsenal dan City kali ini. - Arsenal baru menang dua kali dalam 11 pertemuan terakhir di Premier League dengan Manchester City, berimbang lima kali dan kalah empat kali. Tapi kedua tim sudah sama-sama mampu mencetak gol di delapan dari sembilan pertarungan terakhir di liga. - Manchester City cuma menang sekali di 20 pertandingan tandang Premier League ke Arsenal, berimbang tujuh kali dan kalah 12 kali.

Satu-satunya kemenangan itu dicatatkan di bawah arahan Roberto Mancini di Januari 2013. - Manchester City bisa menjadi tim pertama yang mengalahkan Arsenal tiga kali dalam semusim sejak Chelsea di 2005/2006. Tiga kekalahan dari Chelsea itu juga ditelan Arsenal di stadion berbeda-beda.

- Total raihan City yakni 72 poin dari 27 laga adalah yang terbanyak yang pernah dikumpulkan tim Inggris di level teratas pada titik ini , untuk 3 poin per kemenangan. Kalau mereka memenangi laga ini, jumlah poinnya akan menyamai catatan Arsenal di musim lalu yakni 75 poin dari 38 pertandingan.

- Arsenal sudah memenangi lima dari enam pertandingan Premier League terakhir yang dimainkan di hari Kamis (waktu Inggris) dengan satu kekalahan.

- Arsenal cuma mencatatkan dua kemenangan di 16 pertandingan terakhir Premier League melawan sesama tim 'Big Six', berimbang enam kali dan kalah delapan kali. Mereka mengalahkan Tottenham Hotspur di November 2017 dan Manchester United di Mei 2017.

- Arsenal sudah gagal mencatatkan clean sheet di sembilan pertandingan terakhir Premier League. Terakhir kali mereka tak clean sheet di 10 laga berturut-turut adalah Februari 2002, usai kebobolan 11 partai beruntun.

- City cuma kalah sekali di 35 pertandingan terakhir di Premier League, menang 29 kali dan berimbang lima kali.

- Sergio Aguero telah mencetak gol di masing-masing dari lima penampilan melawan Arsenal di seluruh ajang. Dia tak pernah bikin enam gol secara beruntun ke satu lawan untuk City.

- Sudah menjadi top skorer City, Aguero bisa mencapai 200 gol untuk klub di semua ajang di pertandingan nanti. Saat ini catatannya adalah 199 gol.

- Mesut Oezil sudah menyumbang 49 assist di 138 penampilan di Premier League. Kalau dia mencatatkan assist di laga ini, dia akan memecahkan rekor untuk mencapai 50 assist dengan laga paling sedikit. Saat ini catatan itu dipegang Eric Cantona dengan 50 assist dari 143 penampilan.

- Kevin De Bruyne sudah terlibat langsung di empat gol dalam empat pertandingan terakhir Premier League melawan Arsenal, dengan dua gol dan dua assist. (dsc)