Griezmann Setuju Gabung Barca

Kamis, 01 Maret 2018

BARCELONA – Barcelona akhirnya mendapatkan jasa penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann, pada bursa transfer musim panas 2018. Seperti diberitakan TV3, Kamis (1/8/2018), Barcelona setuju menebus klausul pelepasan Griezmann yang mencapai 100 juta euro atau sekira Rp1,68 triliun.

Karena Barcelona berani menebus klausul tersebut, Los Colchoneros –julukan Atletico– pun tak mampu menahan penyerang yang telah membela mereka sejak musim 2014-2015 tersebut. Awalnya, Griezmann lebih mendekat ke Manchester United ketimbang Barcelona. Bahkan dalam suatu wawancara pada musim panas 2017, penyerang berpaspor Prancis itu menyebut peluangnya untuk hengkang ke Man United mencapai 70%.

Akan tetapi, negosiasi yang dilakukan antara Man United dan Atletico terhenti. Hal itu karena Griezmann tak tega pergi dari Atletico pada musim panas 2017. Sebab saat itu Atletico terkena embargo transfer dan tak bisa mendatangkan pemain baru. Hukuman embargo transfer Atletico baru dicabut pada Januari 2018 dan mereka pun langsung mendatangkan Diego Costa dari Chelsea.

Karena itu setelah Atletico lepas dari hukuman transfer, tak ada alasan bagi Griezmann untuk bertahan di Estadio Wanda Metropolitano. Namun, Grizou –sapaan akrab Griezmann– berubah haluan dengan tidak hengkang ke Man United. Sebab Man United saat ini tak lagi menginginkan Griezmann, mengingat mereka sudah memiliki Romelu Lukaku yang didaratkan dari Everton pada musim panas 2017. Pada akhirnya Griezmann pun berlabuh ke Barcelona.

Awalnya, sebuah perjudian besar bagi Griezmann hengkang ke Barcelona. Sebab dalam pola 4-4-2 racikan Ernesto Valverde, pos ujung tombak kembar dipercayakan kepada Luis Suarez dan Lionel Messi. Butuh usaha keras bagi Griezmann untuk menyingkirkan salah satunya. Namun, Suarez ditengarai takkan berada di Barcelona pada musim depan. El Pistolero –julukan Suarez– disebut-sebut akan melanjutkan karier di Chelsea, mengikuti jejak mantan pelatihnya di Barcelona, Luis Enrique, yang kemungkinan besar menjadi juru taktik The Blues –julukan Chelsea– pada musim 2018-2019.

Terkait performa, Griezmann tampil lumayan bersama Atletico musim ini. Dari 33 penampilan di semua kompetisi, mantan penyerang Real Sociedad itu telah mengemas 20 gol dan 10 assist Bahkan empat gol terbarunya tercipta dini hari tadi saat Atletico mengalahkan Leganes 4-0 di lanjutan pekan 26 Liga Spanyol 2017-2018. (okz)