Elmustian: Kedatangan Presiden Jokowi Bukan Punca Pengharapan Rakyat Riau

Jumat, 09 Oktober 2015

Akademisi Universitas Riau Elmustian MA

PEKANBARU-riautribune: Meski sudah tiga kali dipersiapkan secara matang penyambutan kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Provinsi Riau dalam rangka meninjau bencana kabut asap, nampaknya kali keempat ini, kedatangan orang nomor satu di republik ini lebih pasti. Presiden Jokowi yang saat ini sedang berada di Sumatera Barat dikabarkan sudah bergerak menuju Provinsi Riau melalui jalan darat.

Akademisi Universitas Riau yang konsen menyuarakan perlawanan terhadap musibah kabut asap, Drs. Elmustian Rahman, MA kepada riautribune mengatakan, urgensi kedatangan Presiden Jokowi saat ini bagi rakyat Riau tidaklah terlalu signifikan. "Inikan bukan ujung pengharapan rakyat Riau. Harapan enam juta lebih rakyat Riau saat ini kan bisa kembali menghirup udara segar. Tidak lagi dipaksa menghirup asap karena arogansi Jakarta yang menguasai dan membagi-bagi lahan di Riau," tutur Elmustian.

Karena itu, kata Budayawan Riau ini lagi, dia tidak melihat sesuatu yang istimewa dengan kedatangan Presiden Jokowi ke Riau terkait bencana kabut asap ini. "Istilahnya ketika derita akibat kabut asap ini begitu memuncak dialami rakyat Riau, masyarakat melihat pemerintah tidak hadir di situ. Pemerintah daerah maupun pemerintah pusat seakan tidak berbuat apa-apa untuk meringankan penderitaan yang dialami. Sehingga akhirnya rakyat Riau terpaksa bertahan sendiri dalam bencana ini dan menjadi imun terhadap asap. Hasilnya, mereka menjadi apatis dengan pemerintah," urai kandidat doktor dari negeri jiran ini.

Sementara itu Presiden Jokowi  beserta rombongan saat ini dikabarkan sudah memasuki wilayah Provinsi Riau melalui jalur darat dari Provinsi Sumatera Barat. Para petinggi daerah Riau sedikit kalang kabut dalam menyambut Presiden Jokowi disebabkan jadwal kedatangan presiden yang cukup mendadak dan sering berubah-ubah. Perjalanan darat dipilih karena penerbangan menuju Riau yang tidak memungkinkan dan sudah beberapa hari lumpuh.

"Hari kedua di Sumatera, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo sekarang sedang menuju Kabupaten Kampar, Provinsi Riau dari Bukittinggi melalui jalan darat," ujar Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulis, Jumat (9/10) pagi.

Dalam perjalanannya, Presiden Jokowi dan rombongan direncanakan singgah di Posko Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kuok, Desa Lereng Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Presiden Jokowi dijadwalkan akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Jamik Al-Ihsan Islamic Centre Kabupaten Kampar. Usai menunaikan Salat Jumat, Presiden mengunjungi Posko Operasi Gabungan Karlahut, Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar untuk melihat penanganan bencana asap di Provinsi Riau.

"Presiden juga akan melihat areal Kebakaran di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Di lokasi. Setelah itu Presiden Jokowi juga akan memantau perkembangan pembangunan sekat kanal untuk membasahi (re-wetting) lahan gambut," imbuh Ari. (net/ops)