70-an Ruko di Kawasan Pecinan Siak Terbakar

Sabtu, 17 Februari 2018

PEKANBARU - riautribune : Masyarakat Thionghoa di kawasan Pecinan atau China Town di Kota Siak Sri Indrapura mengalami musibah besar di saat merayakan Hari Raya Imek 2569, tempat tiggal sekaligus tempat usaha ludes diamuk kobaran api. Kebakaran terjadi sekitar pukul 2.30 WIB dan baru padam lepas Subuh, Sabtu (17/2/18). Api berkobar lebih dari 4 jam.

Besar dan lamanya kobaran api membuat musibah tersebut dampak sangat luas. Diperkirakan lebih 50 rumah toko atau Ruko di kawasan yang dikenal dengan Pasar Siak Lama tersebut ludes beserta isinya. Sejauh ini belum ada info adanya korban luka maupun meninggal dunia.

 Berdasarkan keteangan sejumlah saksi, kebakaran pertama kali terdeteksi di Toko Prima yang berlokasi di Jalan Sultan Ismail, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak. Dalam hitungan menit api langsung membesar dan merembet ke bangunan lain di sekitarnya. Saat ini, meskipun api sudah padam, namun masih muncul kepulan asap dari puing-puing bangunan.

Sejauh ini belum ada penjelasan resmi dari aparat kepolisian mengenai penyebab pasti kebakaran. Juga mengenai total kios dan Ruko yang ludes diamuk kobaran api. Saat ini masyarakat mulai berdatangan ke lokasi musibah untuk melihat langsung bekas terjadinya musibah beberapa jam lalu tersebut.(rtc)