Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Anak, Chevron Gelar Revitalisasi Posyandu

Rabu, 07 Oktober 2015

PEKANBARU-riautribune: Sekitar 70 orang balita dari Desa Rantau Bertuah mengikuti salah satu program revitalisasi posyandu yang bertajuk “Posyandu Day” pada 5 Oktober 2015 di Gedung PKK Desa Rantau Bertuah, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak. Program ini digelar PT. Chevron Pacific Indonesia (Chevron) bekerjasama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI).

Kegiatan yang diikuti para ibu-ibu dan balita ini, mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Pasalnya, mereka merasakan betul manfaat bagi para kader dan juga masyarakat setempat. “Dengan adanya program kerjasama Chevron dengan PKBI, para kader memiliki wawasan lebih banyak mengenai kesehatan ibu dan anak," ungkap Sulastri salah seorang kader Posyandu Desa Rantau Bertuah.

Kegiatan diawali dengan pendaftaran,  penimbangan berat badan bayi dan balita, pencatatan. Kemudian kepada mereka yang sudah terdaftar, diberikan makanan tambahan (PMT), imunisasi, dan diakhiri dengan penyuluhan mengenai tata cara penjagaan bayi dan balita oleh kader Posyandu. “Saya mendapatkan wawasan lebih mengenai kesehatan anak, perkembangan kesehatan anak, dan juga bagaimana menjaga kesehatan anak,” ungkap Dewi, salah satu ibu yang mengikuti acara Posyandu Day untuk balita itu.

Sementara itu, Manajer Komunikasi Chevron, Tiva Permata, menjelaskan, revitalisasi Posyandu merupakan salah satu upaya Chevron untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di sekitar wilayah operasinya. Terutama, kata Tiva, dalam upaya penyelamatan ibu melahirkan, serta mengurangi kasus gizi buruk bagi bayi atau balita.

“Program revitalisasi Posyandu, membuat Posyandu di Desa Rantau Bertuah menjadi berkembang dari sebelumnya. Kader yang ada mampu menjaga kesejahteraan masyarakat setempat khususnya ibu hamil dan juga balita. Pemerintah Desa sangat mendukung kegiatan ini. Kami berharap kedepannya kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat,” ujar Kepala Desa Rantau Bertuah, Solihin. (rls/ehm)