Datang Khusus ke Meranti, Gubernur Riau Panen Kopi Liberika

Jumat, 22 Desember 2017

PEKANBARU - riautribune : Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman sengaja menyempatkan waktu khusus untuk mengunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Di sana, ia memanen kopi Liberika di Desa Tanah Merah, Kecamatan Rangsang Pesisir, Meranti.

Selain itu, orang nomor satu di Riau ini juga berkesempatan melakukan penanaman perdana bibit kelapa, penyerahan bibit sagu serta bibit karet yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Meranti, Said Hasyim yang kemudian diterima masyarakat secara simbolis.

Khusus untuk kopi Liberika yang dipanen tersebut, kata Gubri yang akrab disapa Andi Rachman itu sudah diakui kelezatannya. Bahkan, Presiden RI kelima Megawati Soekarno Putri juga sudah pernah meminum kopi tersebut.

"Produk perkebunan di Kepulauan Meranti sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, seperti kopi liberika. Ibu Megawati jug sudah menikmati," kata Andi Rachman di Meranti, Kamis (21/12/2017).

Diharapkan, kopi yang dihasilkan di Meranti ini dapat terus dikembangkan dan bisa merebut pasar lebih luas lagi. Tetapi juga mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat tempatan.

Mantan anggota DPRD Riau dan DPR RI ini pun optimis, kedepan tanaman kopi Liberika akan dapat terus berkembang seperti potensi tanaman lainnya yang ada di Meranti seperti sagu.

"Seperti halnya sagu, juga sudah diakui. Beberapa duta besar dan konsulat yang berkunjung berkunjung Riau sudah menikmati sagu dari Meranti ini. Tinggal bagaimana kita bersama-sama mengembangkannya," ungkap Andi.

"Dengan kualitas perkebunan di  Meranti ini merupakan potensi yang harus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat," tandasnya.(grc)