Kanal

Darmin Sumringah, IHSG dan Rupiah Hari ini Menguat

JAKARTA-riautribune: Menko Perekonomian Darmin Nasution sumringah setelah mengetahui paket kebijakan ekonomi September II yang diumumkan kemarin memberikan sentimen positif terhadap pasar keuangan.

Menutup perdagangan hari ini, IHSG melaju 45,500 poin (1,09%) ke level 4.223,908. Sementara Indeks LQ45 menanjak 8,270 poin (1,19%) ke level 704,976.

Aksi beli kembali ramai jelang penutupan perdagangan. Transaksi investor asing hingga sore hari ini tercatat melakukan pembelian bersih (foreign net buy) senilai Rp 287,855 miliar di seluruh pasar.

Sementara itu nilai tukar rupiah terlihat mengalami penguatan terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Mata uang Paman Sam ditutup di level Rp 14.579 dibandingkan kemarin yang sempat menembus Rp 14.700.

"Ya artinya, apa yang diumumkan kemarin itu cukup positif dampaknya," ungkap Darmin di Istana Negara, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Menurut Darmin, kebijakan yang disampaikan kemarin lebih sederhana dibandingkan dengan sebelumnya. Sehingga masyarakat, khususnya investor lebih gampang memahami dan melihat arah ke depan yang direncanakan oleh pemerintah.

"Jadi memang ternyata yang bisa dicerna dimengerti oleh masyarakat, dunia usaha itu harus sederhana saja, jangan banyak-banyak. Makin banyak, ya makin susah," jelasnya.

Tapi Darmin tidak membantah bila ada peran Bank Indonesia (BI) juga melakukan fungsinya di pasar, yaitu intervensi. Ke depan, dampak itu akan semakin lebih nyata ketika aturan yang sudah disampaikan sudah berlaku efektif.

"Segala sesuatu itu tidak bisa juga hanya ini hanya itu, tapi masing-masing ada perannya," pungkasnya.(dtc/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER