Kanal

KPU Riau Nyatakan Berkas 11 Parpol Lengkap

PEKANBARU - riautribune : Dari data sementara KPU Riau tentang hasil pendaftaran partai politik peserta pemilu 2019, 11 partai dinyatakan berkasnya lengkap di 12 kabupaten di Riau. Hal itu diungkapkan komisioner KPU Riau, Ilham Yasir Rabu (18/10/17).

Dari 31 Parpol yang tercatat di SIPOL, dipastikan ada 7 parpol (warna putih netral). Artinya, data masih 0 (nol) sama sekali belum diupload Di SIPOL dan tak datang menyerahkan berkas. 8 parpol lainnya sudah upload data di Sipol tetapi tidak datang menyerahkan berkas ke KPU kab/kota, kecuali Pika, itu pun berkasnya masih warna merah muda karena datanya di SIPOL ternyata KTA dan KTPel tak ada yg disinkron.

"Ada 17 parpol mereka upload data ke SIPOL dan mereka menyerahkan berkas ke KPU kab/kota. Data mereka sinkron antara Sipol, KTA dan KTPel (warna orange). Tetapi, dari 17 parpol itu hanya 11 parpol yg berkasnya di TT (berkas dinyatakanblengkap dan sinkron dengan data di SIPOL) di 12 kab/kota. Sisanya sebanyak 6 parpol lagi bervariasi ada yang hanya dapat TT di 11, 10 atau 9 di KPUA kab/kota ri Riau," terangnya.

Disinggung mengenai parpol yang lolos melenggang ke pemilu 2019, Ilham Yasir mengatakan bahwa KPU belum bisa berbicara masalah parpol yang lolos ke Pemilu 2019.  "Kita belum bisa bicara lolos atau tidaknya parpol. Karena waktu masih panjang. Ada kurang lebih 3 bulan ke depan. Saat ini baru proses awal," katanya.

Ilham menambahkan, jika mengacu data di KPU RI, ada 27 parpol terhitung pukul 24.00 wib Senin (16/10/17) yang datang mendaftar dan berhak mengikuti proses selanjutnya. Yaitu pemeriksaan berkas.

11 partai yang sudah mendapatkan TT (berkas lengkap) ri 12 Kabupaten di Riau adalah Partai Keadilan dan Persatuan Bangsa (PKPI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (GARUDA), Partai Golongan Karya (GOLKAR), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai NasDem, Partai Persatuan Indonesia (PERINDO).

Sementara beberapa partai besar lainnya seperti PBB, Hanura dan PPP masih belum dinyatakan lengkap berkasnya. Seperti PBB dinyatakan data di Siak belum sinkron, Hanura data belum sinkron di Kuansing, Dumai, Rohil dan Kampar, PPP data di Rohil belum sinkron.(rtc)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER