Kanal

Gunakan Alat Canggih, Bupati Suyatno Lakukan Panen Raya Padi

RIMBAMELINTANG-riautribune: Dengan menggunakan combine harvester alat pertanian yang cangih,  Bupati Rokan Hilir Suyatno, Rabu (30/9) melakukan panen raya padi di Kepenghuluan Teluk Pulau Hulu, Kecamatan Rimba Melintang. Bupati Suyatno mencanangkan kawasan ini nantinya akan dijadikan sebagai pelopor daerah pertanian modern di Rokan Hilir.

Dalam kesempatan itu, Bupati Suyatno didampingi Ketua DPRD Rohil Nasruddin Hasan, langsung menggunakan mesin panen padi combine harvester. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0303 Bengkalis Letkol Arh Wachyu Dwi Haryanto, S.IP, Wakapolres Kompol Dani Ardiantara Sianipar, SIK, Kajari, Bima Suprayoga, SH., M.Hum dan Kadis Pertanian dan Peternakan, Ir. Muslim.

Bupati Suyatno kembali berpesan agar petani tidak melakukan alih fungsi lahan. Karena, katanya, lahan yang ada saat ini sangat potensial untuk agribisnis. Jika dikelola secara optimal, Suyatno yakin dari satu kali tanam menjadi dua atau tiga kali tanam setahun dengan varietas benih bersertifikasi.

Kemudian Dandim 0303 Bengkalis Letkol Arh Wachyu Dwi Haryanto, S.IP mengajak generasi muda ikut bergabung menjadi petani, karena saat ini petani banyak yang berasal dari kalangan usia lanjut. Saat ini, katanya, banyak guncangan sehingga perlu mengembalikan lagi swasembada pangan, TNI AD memberi pendampingan kepada petani.

Sementara itu Kadis Pertanian dan Peternakan Rohil, Ir. Muslim, menyatakan, Kecamatan Rimba Melintang bisa dijadikan pelopor pertanian modern. Karena mulai dari menanam sampai memanen menggunakan alat mesin pertanian. Tujuan dilakukannya panen raya, katanya, untuk memotivasi para petani agar menjadi petani yang baik dan modern. (adv-rhl/ehm)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER