Kanal

Bupati Rohul Suparman Remi Bergelar Datuk Setia Amanah Sutan Botuah

PASIR PENGARAIAN - riautribune : Bupati Rokan Hulu, Riau, H.Suparman S.Sos,M.Si dianugerahi gelar adat Datuk Setia Amanah oleh Lembaga Adat Melayu Riau, bertempat di balai adat LAM Rohul di komplek perkantoran Pemkab Rohul, Rabu (27/9/2017).

Sebelum acara penabalan gelar, Suparman diarak oleh ketua LAM Rohul, H. Zulyadaini bersama H.T. Raffli Armien serta hulu balang dari rumah dinasnya menuju balai adat gedung LAM. Sesampainya di balai adat, Suparman disambut dengan pertunjukan pencak silat khas Rokan Hulu.

Penabalan gelar adat itu dirangkai dengan acara pengukuhan dan pelantikan Pengurus Dewan Kehormatan Adat, Majelis Kerapatan Adat dan Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Rohul masa khidmat 2017-2022 atau 1438 H – 1443 H.

Majlis Kerapatan Adat (MKA) LAM Rohul diketuai H. T Rafli Armien S.Sos, sementara Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Rohul diketuai H. Zulyadaini.

Kegiatan Acara penabalan Gelar Datuk Setia Amanah dan pengukuhan kepengurusan LAM Rohul Itu juga dilaksanakan upacara upah upah dengan menyembelih 4 ekor Kambing beserta makan beradat bersama hingga menyembelih 5 ekor kerbau.

Dewan pimpinan harian (DPH) LAM rohul, H. Zulyadaini mengatakan tujuan mereka untuk memberikan gelar ini untuk lebih memperkokoh persatuan serta tetap mempertahankan adat istiadat dalam masyarakat rokan hulu agar tidak punah.

“melalui kegiatan ini kita lebih bisa saling menghormati budaya yang ada dirohul dengan adat istiadat, etika beradat ini sangat penting kita tanamkan sebagai langkah untuk mempersatukan masyarakat rokan hulu, “kata H.Zulyadaini.

 
Bupati Rokan Hulu, H. Suparman dapat gelar Datuk Setia Amanah Sutan Botuah mengatakan bahwa gelar yang ia dapat adalah sebuah doa yang memotivasi untuk selalu amanah yang diberikan masyarakat kepada dirinya dalam menjalankan tugas kepemerintahan.

“Saya berharap dengan gelar ini sebagai pedoman saya dalam bertugas, tidak berarti saya menganak tirikan suku lain, mohon maaf kepada suku lain yang ada dirohul karena negeri ini adalah negeri melayu kita berpedoman pada adat melayu untuk bersama bersatu membangun rokan hulu sebab rohul milik kita bersama,” sampai Suparman. (r.sky)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER