Kanal

Bank Indonesia Lakukan 8 Tema Strategis di 2017-2019

PEKANBARU - riautribune : Asisten Direntur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Pusat, Cecep Ridwan di acara Bank Indonesia Bincang Bersama Media di Riau Rabu (20/9/17) mengatakan bahwa Bank Indonesia memiliki 8 tema strategis di 2017-2019 yang akan menjadi tujuan dalam menyusun kebijakan.

"Salah satu tema strategis Bank Indonesia adalah menjaga stabilitas ekonomi Indonesia. Jadi Bank Indonesia tidak lagi hanya sebagai pemangku kebijakan di moneter ataupun di stabiltas keuangan saja," terangnya.

Dari semua itu, tambahnya, jika kebijakan-kebijakan itu tidak ditransformasikan kepada masyarakat luas maka akan sia-sia. Untuk itu perlu dilakukan eksternalisasi. Terkait hal itu, beberapa tahun terakhir, Bank Indonesia mengkomunikasikannya kepada media massa. Dan saat ini media online menjadi driver atas isu yang akan menjadi pemberitaan viral.

Menurutnya, selain media, pemerintah daerah merupakan stakeholder yang bekerjasama dengan Bank Indonesia dalam mendistribusikan kebijakan Bank Indonesia kepada masyarakat luas.

"Ketika Bank Indonesia memiliki kebijakan yang ingin disampaikan kepada masyarakat secara umun, kemudian disampaikan ke pemda, maka pemerintah daerah kemudian membawa pesan kebijakan Bank Indonesia kepada masyarakat," terangnya.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau, Siti Astiyah mengatakan hal yang sama. Menurutnya, selama ini, media massa menjadi patner Bank Indonesia dalam menyampaikan kebijakan Bank Indonesia kepada masyarakat luas.

"Itu sebabnya, kami dari Bank Indonesia  Kantor Perwakilan Riau berhubungan sangat baik dengan seluruh media massa di Riau. Kegiatan seperti ini akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan untuk menjalin komunikasi antara Bank Indonesia dengan media massa di Riau," terangnya.

Selain Cecep Ridwan, pembicara lainnya adalah Managing Director Majalah Kontan, Titis. Dalam presentasinya, Titis lebih membincangkan tehnik penulisan berita ekonomi.(rtc)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER