Kanal

Transfer Rp 75 Juta untuk Saracen, Asma Dewi Ditangkap

JAKARTA - riautribune : Ibu rumah tangga bernama Asma Dewi ditangkap penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Mabes Polri terkait dengan sindikat Saracen pada Jumat, 8 September 2017, di Jakarta Selatan. Asma Dewi ditangkap karena diduga menyebarkan ujaran kebencian dan penghinaan SARA lewat akun Facebook-nya.

"Tim dari Direktorat Cyber Crime Bareskrim Polri pada Jumat, September 2017, menangap seseorang atas nama inisial AD," kata Kepala Divisi Humas Markas Besar Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto di Auditorium PTIK pada Senin, 11 September 2017. Polisi sudah menyita barang bukti berupa dua unit gadget dan posting-an SARA.

Setyo mengatakan info yang dia dapatkan sementara adalah yang bersangkutan mentransfer uang Rp 75 juta kepada NS. NS adalah anggota inti Saracen. "Lalu NS bayar ke Dalam mutasi disebut untuk bayar Saracen. Kemudian D transfer ke R sebagai bendahara Saracen," ucapnya.

Guna pembuktian lebih lanjut, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri bekerja sama dengan PPATK untuk menelusuri aliran uang tersebut.

Penyidik masih mendalami uang Rp 75 juta tersebut digunakan untuk apa karena Asma Dewi yang mengunggah sendiri ujaran kebencian bernada SARA di akun Facebook miliknya.

Namun, tutur Setyo, belum diketahui apakah Dewi merupakan anggota aktif Saracen atau hanya pihak yang memesan jasa tersebut. Dalam perpindahan rekening, tertulis uang itu untuk membayar Saracen.(tmpo)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER