Kanal

Berikan Motivasi Mahasiswa Membangun Karakter

PEKANBARU-riautribune: Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus,ST.MT, menghadiri Capacity Building Bidikmasi 2015 Sabtu pagi di Gedung Grand Gasing Unri (26/09). Walikota Pekanbaru sebagai pemberi materi, acara tersebut dihadiri oleh Rektor Unri, pembantu Rektor III, Guru Besar, dan Presiden Mahasiswa.

Dalam sambutannya, Walikota Pekanbaru mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksanaan Building yang sukses menaja acara ini dengan baik, serta mengisi kegiatan yang telah dicanangkan, dan ini merupakan inovasi-inovasi di dalam pendidikan semoga semua kegiatan yang telah dilakukan mendapat rahmat dan ridho oleh Allah SWT.

Sebelum walikota memberi materi, walikota juga bangga dapat bersilaturrahmi dan berbagi pengalaman dan sedikit pandangan karena panitia sudah menentukan tema yang akan disampaikan Walikota Pekanbaru dengan tema, Kedaulatan Bangsa. Walikota juga menyampaikan defenisi-defenisi kedaulatan dalam berbagai aspek, kemudian rasa cinta tanah air dan informasi tentang Indonsia saat ini.

Menurut Firdaus, kedaulatan merupakan suatu kekuasaan yang tertinggi baik pemerintah maupaun daerah. Dari berbagai defenisi kedaulatan, lanjut Firdaus, ada tiga model, yaitu Kedaulatan Ekonomi, Kedaulatan Pangan, dan Kedaulatan Hukum. Kedaulatan inilah yang menurut Firdaus, menentukan kemajuan suatu daerah maupun negara. Tampak walikota begitu semangat dalam memberikan materi dan juga tanya jawab dengan mahasiswa, terkait bagaimana dalam penyampaian Potret Indonesia, dalam sisi negatif maupun sisi positif.

Berbicara tentang disiplin, Walikota Pekanbaru melihat Indonesia dari sisi disiplinnya masih tergolong rendah tingkatannya dibandingkan dengan negara luar. Hal ini juga terkait dengan kemampuan skil, daya saing, dan kewirausahaan. "Dari 250 juta penduduk Indonesia yang mengambil usaha Interpreneur, hanya 1,6 persen dari jumlah pupulasi. Ini merupakan angka yang sangat kecil," tegasnya. (hms-pku/ops)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER