Kanal

Brigjen Pol Nandang Resmi Dilantik Jadi Kapolda Riau

PEKANBARU - riautribune : Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melantik dan mengambil sumpah 5 Kepala Polisi Daerah (Kapolda) baru, Selasa (5/9/2017). Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan atas dasar Surat Telegram (TR) Kapolri nomor ST/232/VIII/2017 tanggal 25 Agustus 2017 yang ditandatangani AS SDM Polri Irjen Pol Drs Arief Sulistyanyo Msi.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah itu dilakukan di Rupatama Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kapolri selaku inspektur upacara, memimpin langsung pengambilan sumpah para Kapolda tersebut.

Jabatan Kapolda Riau yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Zulkarnain digantikan oleh Brigjen Pol Nandang. Selain Brigjen Pol Nandang, Kapolri juga melantik empat Kapolda lainnya, yakni Kapolda Jawa Barat, Lampung, Sumatera Selatan dan Kapolda Sulawesi Barat.

Dalam pelantikan ini, Kapolri meminta kepada para Kapolda yang baru dilantik untuk selalu menjaga amanah jabatan yang diemban, tidak menyalahgunakan kewenangan, korupsi, dan larangan lainnya.

Untuk diketahui, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan mendapat jabatan baru menjadi Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.

Irjen Pol Anton Charliyan sebagai Kapolda Jabar digantikan oleh Irjen Agung Budi Maryoto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Sedangkan Irjen Zulkarnaen yang sebelumnya Kapolda Riau, akan mengisi jabatan Kapolda Sumatera Selatan.

Jabatan Irjen Pol Zulkarnain sebagai Kapolda Riau digantikan oleh Brigjen Nandang yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Barat. Selanjutnya, Kapolda Sulawesi Barat diisi oleh Brigjen Baharudin Djafar yang sebelumnya menjabat sebagai Karopaminal Divpropam Polri.

Lalu Kapolda Lampung diserahkan kepada Irjen Suroso Hadi Siswoyo, menggantikan Irjen Sudjarno. Irjen Pol Suroso sendiri sebelumnya merupakan Pati Baintelkam Polri dengan penugasan pada BIN. Sementara Irjen Pol Sudjarno kini dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Tak hanya melantik enam kapolda baru, Kapolri juga mengangkat pangkat sebelas perwira tinggi lebih tinggi satu bintang. Antara lain Martuani Sormin yang menerima pangkat Irjen setelah menjabat sebagai Kadiv Propam Polri. Kemudian Krishna Murti yang sebelumnya Kombes naik pangkat menjadi Brigjen, setelah dilantik menjadi Kepala Biro Misi Internasional Polri. ( ckp)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER