Kanal

Siak Raih Dua Penghargaan Lingkungan Hidup

SIAK - riautribune : Kabupaten Siak berhasil raih dua penghargaan di bidang lingkungan hidup sekaligus, yakni penghargaan sebagai pasar terbersih dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Wilayah Sumatera, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan penghargaan Adipura, sebagai kawasan Kota Siak terbersih.

Ini merupakan kali ketiga Siak memperoleh penghargaan Adipura, sebelumnya pada tahun 2014, dan dua kali berturut-turut pada tahun 2016 dan 2017. "Alhamdulilah saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat Siak dan Mampura yang telah konsisten dalam menjaga kebersihan kota siak Tidak membuang sampah sembarangan adalah kunci mengapa Siak terus bersih dan kembali mendapatkan Adipura, " ujar Syamsuar.

Menurutnya perolehan penghargaan ini tidak terlepas dari peran masyarakat yang sadar akan kebersihan, serta kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan itu menjadi faktor utama Siak dapat memperoleh penghargaan adipura untuk ketiga kalinya.

"Faktor utama mengapa piala ini akhirnya dibawa pulang kembali adalah karena kesadaran masyarakatnya. Jadi tidak semata mata karena karena pemerintahnya saja.  Maka dari itu saya sangat mengapresiasi kesadaran ini, " sambungnya.

Bupati juga berpesan agar masyarakat memanfaatkan sampah untuk tujuan ekonomis.  Sampah dapat dipilah untuk dijual ataupun diolah menjadi sejumlah kerajinan.

"Sampah bernilai ekonomis, bisa dijual ke Bank Sampah, makanya kalau dilihat di Siak,  setiap sudut ada tong sampah dengan berbagai kriteria, " pungkasnya.Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Komplek Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.(hrc)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER