Kanal

BRK Dukung Usaha Kecil di Siak

SIAK SRI INDRAPURA - riautribune : Beberapa waktu lalu Pemerintah Kabupaten Siak, melakukan kerjasama (MOU) dengan Bank Riau Kepri (BRK) Cabang Siak, untuk memberikan kemudahan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Siak, Rabu (21/06/2017).

Acara tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bupati Siak dengan Pimpinan BRK. MoU ini pertama di Riau, terkait kerjasama dengan UKM.

Saat ditemui Bupati Siak Syamsuar di ruangannya mengatakan bahwa, sebelumnya ia sudah bertemu dengan para pelaku UMKM dan melalui kesempatan tersebut para pelaku mengharapkan adanya bantuan modal dalam bunga yang lebih rendah.

"Dari perbincangan kami beberapa waktu lalu dengan para pengrajin dan masyarakat yang bergerak di bidang UMKM, mereka memang sangat berharap adanya bantuan modal yang lebih rendah. Jadi karena itu tentunya dengan adanya dukungan dari Direktur ini sangat membantu daripada usaha-usaha kecil yang ada di Siak ini," ujarnya, Kamis (13/07/17).

Dalam kesempatan yang sama, Syamsuar mengatakan bahwa pertemuan beliau dengan Dirut Bank Riau Kepri bak gayung bersambut, karena apa yang sudah sejak lama ia rancang dan rencanakan  dapat terwujud.

"Tentunya merupakan suatu kebahagiaan bagi kami karena Dirut BRK menyambut dengan baik apa yang Pemerintah Kabupaten Siak rencanakan, bak gayung bersambut. Ternyata beliau juga sudah lama ingin merencanakan ini, gagasan ini belum ada satupun yang menarik dan akhirnya jatuh hati juga dengan Siak," tambahnya.

Syamsuar juga mengatakan sebagai daerah sektor pariwisata, Siak tidak terlepas dari ikon ekonomi kreatif untuk membangun perekonomian masyarakat Siak khususnya. Karena potensial usaha kerajinan untuk dikembangkan masyarakat.

"Kami mendapatkan dukungan dari badan ekonomi kreatif (BEKRAF) dan Bandung kreatif country forum untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Kabupaten Siak. Karena ini sangat berpotensi untuk kerajinan yang dapat dikembangkan di masyarakat dengan nilai ekonomi yang tinggi," ujarnya.

Siak sendiri merupakan daerah pariwisata yang memiliki 16 subsektor ekonomi kreatif dan ada lima yang saat ini menonjol. Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Siak dan BRK ini, nantinya diharapkan agar dapat sejalan dengan yang dilakukan Bekraf. Agar produk tersebut bisa mendapatkan nilai jual yang tinggi.

Dalam kerja sama antara Pemkab Siak dan BRK , BRK menawarkan bunga lebih rendah dari pada bunga KUR, yakni 5-6 % dibandingkan Bunga KUR yang mencapai 9%. Hal ini akan memudahkan para pelaku UMKM untuk mengembalikan pinjaman.

Bupati Siak juga mengucapkan terimakasih kepada Dirut BRK yang telah menyambut baik kerja sama ini dan membantu agar masyarakat bisa menikmati program ini.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Dirut BRK karena telah menyambut baik kerjasama ini dan karena BRK ini merupakan bank daerah yang menjadi kebanggaan masyarakat Riau dan mudah-mudahan ke depannya kinerjanya lebih bagus, agar dapat mensejahterakan masyarakat Riau. Saya berharap di bawah kepemimpinan bapak Irvandi Gustari ini banyak terobosan. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," tutup Syamsuar.(bpc)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER