Kanal

PT Chevron Berpeluang Perpanjang Kontrak Blok Rokan

PEKANBARU - riautribune : Kontrak PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) mengelola Blok Rokan yang berada di Kabupaten Kampar, Siak, Bengkalis, Rokan hilir dan Kota Dumai Provinsi Riau akan berakhir pada 2021 mendatang. Namun perusahaan Amerika itu masih berpeluang mendapat perpanjangan kontrak dari pemerintah di ladang minyak terbesar di Indonesia tersebut.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sumatera Bagian Utara, Rudi Fajar di Pekanbaru mengungkapkan, pemerintah sangat mempertimbangkan perpanjangan kontrak bagi kontraktor eksisting yang berkinerja bagus, rajin berinvestasi dan menjaga tingkat produksi agar tidak anjlok.

"Selama ini umumnya kontraktor mengurangi investasi ketika belum mendapat kepastian perpanjangan kontrak karena takut rugi, akibatnya produksi Migas menurun. Padahal bila produksi tidak menurun, maka pemerintah sangat mempertimbangkan kelanjutan kontrak," kata Rudi Fajar.

Disebutkan, faktor lain yang menjadi pertimbangan adalah sejauh ini, PT Chevron merupakan kontraktor paling berpengalaman dan terbesar di Indonesia //

"Walaupun ada kekhawatiran tidak ada investasi karena sudah akan berakhir, tetapi sudah diatur Permen ESDM, operator diminta tetap melakukan investasi sedangkan biaya yang dikeluarkan dibebankan jadi cost recovery sesuai ketentuan yang berlaku," imbuhnya.

Blok Rokan memiliki luas 6.264 km2 pada 2016 lalu masih mampu menghasilkan minyak hingga 256.000 BPH, hampir sepertiga dari total produksi minyak nasional saat ini. (lem/rul)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER