Kanal

Zulfahmi: “Bersama Forkominda, kami gelar Operasi demi agar Ramadan di Pekanbaru lebih tertib”

PEKANBARU - riautribune : Tampil sebagai back bone penegak perda kota Pekanbaru, Kamis (24/5) Satpol PP Pekanbaru berkoordinasi dengan Dinas sosial sebagai intansi yang bertanggung jawab dalam pengelolaan persoalan social. Maka digelarlah apel bersama, persiapan operasi penertiban gepeng di kota Pekanbaru, kamis 24 mei lalu.

Menurut Zulfahmi Adrian kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, menjamurnya gelandangan memasuki Ramadan di Pekanbaru, sudah menjadi fenomena sosial dari tahun ke tahun. Tinggal lagi bagaimana OPD, terutama Satpol PP bisa melakukan penertiban sesuai dengan amanah Perda pekanbaru tentang ketertiban sosial Peraturan Daerah (Perda) Kota Pekanbaru nomor 12 tahun 2008.

  ‘"Memasuki bulan suci Ramadan kita akan intensifkan razia gepeng impor yang datang dari daerah luar Pekanbaru. Sebagai informasi pengemis yang banyak datang ke Pekanbaru ditengarai berasal dari luar daerah. Para pengemis diduga sengaja memanfaatkan belas kasihan warga saat momen Ramadan untuk mendapatkan keuntungan pribadi,” terang ASN yang sempat menjabat camat ini.

Dalam merealisasikan tugas tersebut, jelang Ramadan, Satpol PP Pekanbaru bersama Dinas Sosial dan Forkominda pun menggelar apel bersama, sebelum turun ke lapangan.

 Polresta Pekanbaru dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekanbaru melaksanakan kegiatan Cipta Kondisi berupa Penertiban Gepeng (Pengemis) yang dipimpin oleh Kabid Ops Pol. PP Kota Pekanbaru Desheriyanto.

 Kegiatan dimulai dengan pelaksanaan apel bersama yang di halaman kantor Sat. Pol PP Kota Pekanbaru dengan melibatkan personil gabungan sebanyak dari 75 personil terdiri dari Personil Polresta Pekanbaru, Apel Kodim 031 WB, Dinas Sosial Kota Pekanbaru dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekanbaru.

 Dalam pelaksanaan razia Gepeng ini, tim dibagi atas 2 bagian, yaitu Tim 1 daerah razia mal ska , jalan riau, pasar bawah, pasar buah, Mesjid agung dan lampu merah depan kediaman gunerbur Jl dipo. Kembali ke satpol. Sedangkan Tim 2 dengan sasaran razia Jl. arifin ahmad, pasar pagi arengka, tabek gadang, simpang bandara, simpang harapan raya, kembali ke mako satpol.

Dalam pelaksanaan razia ini ditekankan, beberapa hal antara lain apabila ada gepeng segera di tertibkan namun tetap Utamakan keselamatan dan jangan berbuat hal hal yang merugikan institusi.

 Dari hasil razia tersebut tim 2 berhasil mengamankan 5 orang gepeng yang mana salah satunya inisial RM ada membawa senjata tajam. Sedangkan tim 1 berhasil mengamankan 10 orang gepeng. Para pengemis atau Gepeng yang diamankan tersebut dibawa ke kantor SatPol PP Kota Pekanbaru sedangkan 1 orang yg membawa senjata tajam diserahkan penanganan nya ke Polresta Pekanbaru. Tim pertama melakukan penertiban ke arah Jalan Nangka sekitaran patung kuda dan Jalan Riau. Kemudian tim kedua menyasar ke Jalan Soekarno-Hatta Pasar Arengka dan Tobek Godang.

"Dari hasil akhir sore tadi, kami amankan 18 Gepeng yang terdiri 10 gepeng laki-laki dewasa, 5 perempuan dan 3 anak laki-laki," imbuhnya. (ADV-Satpol PP/Diskompinfo. PKU)


 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER