Kanal

RTRW Belum disahkan Sejumlah Proyek Strategis Nasional di Riau Terhambat

PEKANBARU - riautribune : Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau yang hingga kini belum juga disahkan menjadi salah satu penghambat pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Negeri Lancang Kuning.

Ini dikatakan oleh Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman dalam pertemuan pra rapat terbatas (ratas) bersama Deputi Maritim Sekretaris Kabinet, Setya Bhakti Parikesit di Kantor Sekretaris Kabinet kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Gubri menjelaskan bahwa RTRW Riau sudah hampir selesai, tinggal menunggu arahan dan pendampingan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kita melibatkan KPK agar dikemudian hari tidak mucul persoalan hukum," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman tersebut. Dirinya juga berharap kedepan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus mengawal RTRW Riau.

Untuk diketahui, PSN yang ada di Riau diantaranya yaitu proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, pembangunan rel kereta api, jaringan sutet 500 KVA serta pembangunan Science Tecnology Park (Tecno Park) "Seluruh proyek tersebut kita terus gesa pembangunannya, namun kita terhambat oleh RTRW yang hingga kini belum selesai," kata Gubri.

Proyek tersebut akan sangat mendukung kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Riau. Proyek jalan tol Pekanbaru-Dumai akan memperpendek jarak anatar Riau daratan dengan Riau pesisir.

Begitu juga dengan jalur rel kereta api akan memudahkan transportasi masyarakat. Jaringan sutet 500 KVA akan sangan membantu kebutuhan listrik Riau dan tecno park merupakan bagian dari Nawacita Presiden yang ingin kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebagaimana diketahui dalam waktu dekat ini akan diadakan rapat terbatas Presiden Jokowi dengan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Agenda ratas tersebut untuk membahas progress PSN dimasing-masing daerah, program daerah yang mendukung program PSN serta kendala apa saja yang dihadapi dalam pembangunan itu.

Dalam pertemuan ini, Gubri didampingi oleh Kepala Bappeda Provinsi Riau Rahmad Rahim serta Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau Syahrial Abdi. Turut hadir dalam pertemuan itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beserta rombongan, serta sejumlah perwakilan dari kementerian/lembaga seperti dari KLHK.(rb)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER