Kanal

Kalahkan Lazio 2-0, Juventus Juara Coppa Italia

ROMA - Juventus merebut trofi pertamanya pada musim ini. Bianconeri tampil sebagai juara Coppa Italia setelah mengalahkan Lazio dengan skor 2-0 di final. Menghadapi Lazio di Stadion Olimpico, Kamis (18/5/2017) dinihari WIB, Juventus tak diperkuat Miralem Pjanic yang terkena larangan bertanding, sementara Sami Khedira cedera. Dua posisi gelandang tengah pun dipercayakan kepada Claudio Marchisio dan Tomas Rincon.

Lazio memberikan perlawanan sengit, tapi Juventus menciptakan lebih banyak peluang, terutama di babak pertama. Dari sekian banyak peluang yang tercipta di babak pertama, dua di antaranya berbuah gol untuk Juve. Dani Alves membuka skor pada menit ke-12 sebelum Leonardo Bonucci mencetak gol kedua pada menit ke-25.

Pada paruh kedua, Juventus menurun. Lazio pun memanfaatkannya untuk lebih banyak menekan. Akan tetapi, hingga laga berakhir, Biancocelesti tak bisa menjebol gawang Juve.

Bagi Juventus, ini adalah gelar ke-12 mereka di ajang Coppa Italia dan yang ketiga secara berturut-turut. Mereka menjadi pemilik gelar terbanyak di kompetisi ini, mengungguli AS Roma yang punya sembilan trofi dan Inter Milan yang punya tujuh trofi.

Keberhasilan menjuarai Coppa Italia juga menjaga peluang Juventus untuk meraih treble pada musim ini. Mereka selanjutnya akan berusaha mengunci scudetto dan meraih titel Liga Champions.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama menjadi milik Juventus. Giorgio Chiellini melepaskan tembakan jarak jauh pada menit keempat, tapi usahanya bisa diantisipasi oleh kiper Lazio, Thomas Strakosha. Dua menit kemudian, serangan balik Lazio nyaris berbuah gol. Beruntung buat Juventus, tembakan Keita Balde Diao cuma menghantam tiang gawang.

Pada menit berikutnya, giliran Gonzalo Higuain yang memperoleh kesempatan untuk membawa Juventus unggul. Namun, sepakan voli Higuain dari luar kotak penalti dimentahkan oleh Strakosha.

Juventus benar-benar unggul 1-0 saat pertandingan memasuki menit ke-12. Kelengahan barisan pertahanan Lazio dalam mengawal Alves berakibat fatal. Alves dengan leluasa menyambar umpan silang dari Alex Sandro. Dia memantulkan bola ke tanah lebih dulu, yang membuat Strakosha tak sanggup menyelamatkan gawangnya.

Berselang dua menit, Paulo Dybala punya kans untuk menggandakan keunggulan Juventus. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti mengarah ke gawang Lazio, tapi Strakosha terbang untuk menepis bola.

Gempuran bertubi-tubi yang dilancarkan Juventus membuat Strakosha benar-benar harus bekerja keras. Dia membuat penyelamatan ganda ketika mementahkan tembakan Dybala, lalu menggagalkan sontekan jarak dekat Higuain.

Namun, Strakosha harus kembali memungut bola dari dalam gawangnya pada menit ke-25. Dia tak bisa berbuat banyak untuk mencegah Bonucci menjebol gawangnya. Gol Bonucci itu diawali sepak pojok yang diambil oleh Dybala. Alex Sandro sedikit membelokkan arah bola dengan sundulannya, yang memungkinkan Bonucci dengan leluasa mencetak gol dari jarak dekat.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, marah-marah di pinggir lapangan setelah melihat Lazio nyaris mencetak gol pada menit ke-32. Allegri tak senang melihat barisan belakang timnya membiarkan Ciro Immobile bebas menyundul sebuah umpan silang. Juve beruntung karena sundulan Immobile masih sedikit melenceng.

Di injury time babak pertama, Lazio berpeluang menipiskan ketertinggalannya. Sundulan Sergej Milinkovic-Savic meneruskan sebuah tendangan sudut mengarah ke gawang Juve, tapi Neto berada di posisi yang tepat untuk menangkap bola.

Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Juventus. Awal babak kedua berjalan dalam tempo lambat. Lazio memiliki peluang lewat tembakan diagonal Felipe Anderson, tapi Neto masih bisa menepisnya.

Menurunnya intensitas serangan Juventus dimanfaatkan Lazio untuk lebih mendominasi permainan. Akan tetapi, mereka jarang membahayakan gawang Juve. Tembakan first time Luis Alberto pada menit ke-73 mengarah ke gawang Juve, tapi Neto bisa mengamankannya dengan relatif mudah.

Lazio yang terus menekan Juve mendapatkan peluang lagi pada menit ke-77 melalui Immobile. Namun, tembakan keras Immobile mentah di tangan Neto. Higuain punya peluang untuk memantapkan kemenangan Juve di menit-menit akhir. Dia tinggal berhadapan dengan Strakosha, tapi penyelesaiannya digagalkan kiper Lazio itu. (dtk)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER