Kanal

BPS Riau: Pencabutan Subsidi Listrik 900 VA Picu Inflasi

PEKANBARU - riautribune : Badan Pusat Statistik (BPS) Riau memperkirakan dampak dari pencabutan subsidi listrik bagi golongan 900 Volt Ampere (VA) oleh pemerintah, akan memicu terjadinya inflasi pada semester dua tahun ini.

Sebagaimana ditetapkan pemerintah pada golongan yang masuk dalam kategori Rumah Tangga Mampu (RTM) tidak diberlakukan lagi subsidi. Pencabutan subsidi tahap ketiga ini berlaku mulai 1 Mei 2017, sedangkan pada tahap pertama dilakukan Januari dan tahap kedua pada Maret lalu.

Kepala BPS Provinsi Riau, Aden Gultom menjelaskan, pencabutan subsidi sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 tahun 2016 tentang tarif tenaga listrik PT PLN (persero) mengatur penerapan tarif non subsidi bagi rumah tangga daya 900 VA yang mampu secara ekonomi, bisa menimbulkan inflasi yang cukup tinggi.

"Pencabutan subsidi itu hampir dipastikan mengganggu kesejahteraan masyarakat dan memicu penambahan jumlah orang miskin baru, sebab selama ini tarif dasar listrik selalu menjadi pemicu inflasi," ujar Aden Gultom, kemarin.

Menurutnya, tidak saja kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) selalu pemicu inflasi, jika harga komoditi ditetapkan mengalami kenaikan juga menyebabkan terjadinya inflasi. (lem/rul)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER