Kanal

DPRD Riau Gelar Paripurna Penutupan dan Pembukaan Masa Sidang

PEKANBARU – riautribune : DPRD Riau menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penutupan Masa Sidang I dan sekaligus pembukaan masa sidang II (Mei-Agustus) tahun 2017 di ruangan Rapat Paripurna DPRD Riau pada hari Selasa, (2/5/2017)

Sidang Paripurna Penutupan masa sidang dan Pembukaan masa Sidang dipimpin langsung oleh H Sunaryo dan didampingi oleh Ketua DPRD Provinsi Riau, Septina Primawati dan Manahara Manurung selaku Wakil Ketua DPRD Riau.

Dalam pidatonya, Sunaryo menyampaikan selama masa sidang I tersebut Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau telah melakukan berbagai kegiatan sidang seperti rapat rapat paripurna, rapat rapat Badan Musyawarah, rapat rapat alat kelengkapan dewan lainnya serta rapat rapat panitia khusus.

Kemudian Sunaryo juga mengatakan selama dalam masa sidang 1 tersebut anggota DPRD Provinsi Riau juga telah melaksanakan kegiatan reses yang dimulai dari tanggal 23 Maret hingga tanggal 29 Maret 2017 atau selama 6 hari. Masa reses adalah masa kegiatan DPRD di luar kegiatan masa sidang dan dilaksanakan di luar gedung DPRD.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 77 Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib, masa reses ini dipergunakan oleh anggota DPRD secara perorangan atau kelompok untuk mengunjungi daerah pemilihannya guna menyerap aspirasi masyarakat. Selanjutnya Pemilihan wakil kepala daerah sisa masa jabatan 2014-2019 dan kegiatan lainnya.

Pemilihan wakil kepala ,sebagaimana diketahui sidang paripurna DPRD Riau memilih Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau untuk mengisi sisa jabatan 2014-2019. Hasil sidang paripurna akan disampaikan kepada Kemendagri.

Sidang paripurna pemilihan Wagub Riau ini dilaksanakan di gedung DPRD Riau, Jl Sudirman, Pekanbaru, Selasa (25/4/2017) lalu. Agenda pemilihan ini ada dua calon, yakni Ruspan Aman (nomor 1) dan Wan Thamrin Hasyim (nomor 2). Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman serta jajaran Forkompinda menghadiri acara tersebut.

Pada putaran pertama, ada 62 anggota Dewan yang hadir dari jumlah 65 orang. Pemungutan suara pertama, dari kedua kandidat menghasilkan suara yang sama 31, sehingga dilakukan pemilihan putaran kedua.

Untuk putaran kedua, satu anggota Dewan bertambah memberikan hak suara, sehingga menjadi 63 orang. Hasilnya, Wan Thamrin Hasyim memperoleh 40 suara, sedangkan rivalnya 23 suara.

Dengan demikian, sidang paripurna ini menetapkan Wan Thamrin Hasyim sebagai Wagub Riau mengisi kekosongan selama ini. Terpilihnya Wan Thamrin membuat gemuruh isi ruang sidang paripurna. Wan Thamrin Hasyim merupakan Bupati Rokan Hilir periode 2001-2006.

Ketua panitia penyelenggara, Aherson, dalam kesempatan itu mengatakan pemilihan berjalan lancar. "Jalannya pemilihan, walau alot, tetap lancar. Ini pemilihan yang demokratis tanpa ada embel-embel apa pun," kata Aherson. Selanjutnya, ketua panitia pemilihan menyerahkan berkas pemilihan Wagub Riau kepada Ketua DPRD Riau Septina Primawati.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Biro Humas Pemprov Riau Darusman mengatakan hasil rapat paripurna ini akan diserahkan pihak DPRD Riau ke Kemendagri. "Hasil pemilihan ini akan diserahkan ke Kemendagri untuk mendapatkan SK pengangkatan," kata Darusman.

Berikut rekapitulasi kegiatan Dewan selama masa Sidang 1 dari Januari hingga April tahun 2017.

1. Rapat pimpinan 19 kali
2. Rapat paripurna dewan 16 kali
3. Rapat paripurna istimewa 1 kali
4. Rapat Badan Musyawarah 9 kali
5. Rapat badan anggaran 1 kali
6. Rapat rapat fraksi dewan 128 kali
7. Rapat rapat komisi dewan 52 kali
8. Rapat rapat Badan Kehormatan 4 kali
9. Kunjungan kerja Badan Kehormatan ke luar provinsi 4 kali
10. Kunjungan kerja badan pembentukan Peraturan Daerah, luar provinsi 2 kali, Sedangkan Kabupaten Kota tidak ada.
11. Rapat Badan pembentukan Peraturan Daerah 12 kali
12.Kunjungan kerja ke lapangan komisi kabupaten kota 10 kali, keluar provinsi 20 kali
13. Menerima langsung pengaduan atau aspirasi masyarakat 6 kali,
14. Produk dewan dalam bentuk keputusan dewan 6 buah. Dan keputusan pimpinan 11 buah.

Sidang Paripurna Penutupan Masa Sidang I dan sekaligus pembukaan masa sidang II (Mei-Agustus)tahun 2017 dihadiri oleh Sekretaris Pemprov Riau Ahmad Hijazi. (rp)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER