Kanal

Dewan Minta, Gubri Segera Isi Jabatan OPD yang Kosong

PEKANBARU - riautribune : Komisi A DPRD Riau mendesak Gubernur segera mengisi kekosongan jabatan di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan pejabat yang berkualitas. Hal tersebut berkaitan masih rendahnya serapan anggaran masing-masing OPD.

Sekretaris Komisi A DPRD Riau Suhardiman Amby mengatakan, kekosongan jabatan seharusnya sudah bisa teratasi. Sebab beberapa pejabat sudah mengikuti proses assesmen oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel).

"Berkaitan tugas Pansel assesment pejabat tinggi pratama sudah selesai, dan sudah dapat tiga nama untuk masing-masing OPD yang sekarang dijabat oleh pelaksana tugas. Hanya tinggal tes wawancara yang akan dilakukan oleh Gubri untuk menentukan pilihan," kata Suhardiman, Kamis (27/4/2017).

Wawancara, menurut dia, diperlukan untuk mengetahui kemampuan manajerial, komunikasi dan keberanian bertindak serta bersikap pejabat yang dipilih.

"Sehingga dari hasil wawancara, Gubri dapat mengetahui calon kepala dinas yang punya integritas, berani dan cakap serta mampu melaksanakan anggaran," sambungnya.

Suhardiman mengatakan, hingga menjelang pertengahan tahun 2017, serapan APBD Riau masih di bawah standar. Ini mengindikasi kalau hasil seleksi selama ini  tidak menjamin pejabat terpilih mampu bekerja maksimal.

"Kami minta Gubri serius menuntaskannya, agar segera diisi orang-orang berkualitas dari hasil wawancara itu. Pejabat berkualitas tentunya berpengaruh pada penggunaan anggaran," pesan dia. (rul)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER