Kanal

Jamaah Masjid Baitul Amal Sungai Sibam Antusias Peringati Isra dan Mi'raj

PEKANBARU - riautribune : Jamaah Masjid Baitul Amal di Komplek Perumahan Pesona Beringin Asri, Kelurahan Sungai Sibam, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, penuh sesak mengikuti kegiatan peringatan Isra dan Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW, Senin (24/4/2017) malam.

Peringatan Isra Mi'raj 1438 H digelar dengan menghadirkan ustad jebolan Akademi Sahur Indonesia (Aksi) 2016 Indosiar, Raja Inal Dalimunte. Dalam tausyiahnya, Raja Inal Dalimunte mengajak masyarakat Muslim untuk mengambil hikmah dari peringatan Isra Mi'raj.

"Isra dan Mi'raj merupakan peristiwa besar yang tak masuk diakal, tapi nyata adalah sebuah kebenaran dan patut dipercayai. Ini bukti kehendak Allah SWT, Nabi Muhammad diperjalankan dalam waktu satu malam dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Palestina. Kemudian diterbangkan ke hingga langit ketujuh," ujar Raja Inal.

Isra menggambarkan perjalanan malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha di mana sebelum melakukan perjalanan Nabi Muhammad SAW dibelah dadanya untuk dibersihkan. Karena itu, kata dia, makna dari itu adalah jika ingin meraih kesuksesan harus berawal dari niat yang tulus.

"Ada empat hal paling penting dari peristiwa ini adalah keyakinan, darmawan, berilmu dan Islam. Iman dalam diri adalah keyakinan kita, dermawan adalah pemberi, menuntut ilmu dengan berguru dan beagama Islam," terangnya.

Ia melanjutkan, jika saat itu Nabi Muhammad SAW menghadap Allah SWT secara fisik dan ruh, secara rohani umat Islam diwajibkan Mi'raj secara ruh minimal lima kali sehari untuk menjadi kontrol hidupnya, yaitu dengan melaksanakan shalat lima waktu.

“Isra dan Mi'raj menjadi pelajaran bahwa kebaikan itu berangkat dari agama dan spiritualitas,” ucapnya.

"Isra Mi'raj itu, umat harus melakukan peningkatan di semua aspek. Penguatan akidah, penguatan kemampuan ekonominya, kemudian juga penguatan ukhuwahnya," lanjut dia.

Ketua Umum Masjid Baitul Amal, Muhammad Nuhandi, mengatakan kegiatan Isra Mi'raj sebagai upaya untuk meningkatkan jalinan silaturahmi. Dalam kegiatan ini, pengurus juga menyumbangkan bantuan anak yatim di lingkungan RT 3 RW 1 Kelurahan Sungai Sibam.

Sementara itu, Ketua RW 1 Drs. H. Nazarudin Msi berharap, kegiatan ini terus terlaksana, dalam mebina masyarakat setempat.

"Dengan adanya perkumpulan seperti ini diharapkan selain silaturahmi juga dapat bersama-sama melaksanakan pembangunan masjid," sampainya.

Terlebih lagi, kondisi Masjid Baitul Amal yang dalam tahap pembangunan, Nazarudin mengajak seluruh masyarakat untuk bahu membahu menyelesaikan pembangunan.

"Kami tentunya menunggu uluran tangan dari para dermawan untuk penyelesaian pembangunan. Karena masjid kami saat ini sangat sempit, sehingga sulit menampung jumlah jamaah. Karena wilayah ini sejak terjadi pemekaran kelurahan, masyarakatnya semakin bertambah," tutupnya. (rul)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER