Kanal

Sudah Siap, Hasil SNMPTN akan Diumumkan Rabu Mendatang

PEKANBARU - riautribune : Berdasarkan data Panitia Pusat SNMPTN 2017, tercatat ada 893.323 orang pendaftar jalur tanpa tes. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan pendaftar pada tahun lalu, yang tercatat ada sebanyak 645.202 orang, dengan total 18.005 sekolah yang lolos seleksi, serta berhak mendaftar di SNMPTN.

Jadwal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini dimulai sejak 15 Maret sampai 15 April 2017 lalu. Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi adalah tanggal 16 Mei 2017 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2017). Sebelum tahun 2013 jalur ini dikenal sebagai SNMPTN Undangan.

Humas Panitia Penyelenggara SNMPTN, Tunjung W. Sutirta mengatakan, panitia telah selesai melakukan proses seleksi dan akan diumumkan pada Rabu (26/4/2017) mendatang. Pengumuman dapat diakses melalui situs resmi SNMPTN. 

"Pengumuman hasil seleksi pada 26 April 2017. Pengumuman dapat diakses melalui situs resmi SNMPTN. Berdasarkan jadwal resmi, saat ini proses seleksi SNMPTN sudah selesai dilakukan,” kata Tunjung, Ahad (23/4/2017).

Untuk diketahui, tahun ini kuota SNMPTN ditetapkan 30 persen dari total daya tampung setiap program studi. Jumlah ini berkurang 10 persen ketimbang kuota tahun lalu. Meski demikian, setiap rektor diberi kewenangan penuh untuk menambah persentasenya sesuai dengan kekhasan masing-masing kampus.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir, mengungkapkan, siswa yang belum berhasil pada SNMPTN masih bisa mengikuti jalur SBMPTN dan jalur mandiri.

Nasir juga berharap, tahun depan semua Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan Computer-Based Test (CBT).

SBMPTN merupakan seleksi masuk PTN yang selama ini dikenal secara umum, yakni menggunakan nilai ujian tertulis yang diselenggarakan serentak oleh semua PTN. Jadi, variabel nilai semasa SMA tidak diperhitungkan, yang diperhitungkan adalah nilai dari hasil ujian tulis masuk PTN yang bisa diraih. (net)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER