Kanal

Satgas Karhutla Riau Diingatkan Waspadai Musim Kemarau

PEKANBARU - riautribune : Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau diingatkan agar mengantisipasi musim kemarau yang diperkirakan terjadi pada bulan Mei mendatang. Sebab seperti biasa pada musim kemarau, potensi kebakaran semakin meningkat.

Berdasarkan perkiraan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, potensi kebakaran semakin meningkat karena kondisi lahan pada saat itu semakin kering. Untuk antisipasi, Satgas harus menerapkan pola pengamanan sebagaimana dilaksanakan tahun 2016 lalu.

"Riau akan memasuki musim kemarau pada bulan Mei, diperparah dengan arah angin yang akan bertiup dari utara ke selatan. Artinya jika terjadi kebakaran maka asapnya akan mengarah ke negara tetangga, sehingga bisa menimbulkan protes," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin, Ahad (23/4/2017).

Menurutnya, jika terjadi Karhutla, maka dampaknya bisa juga Riau akan berasap meski tidak terbakar, karena adanya asap kiriman dari wilayah lain seperti Sumatera Selatan dan Jambi.

"Karena Riau berada di khatulistiwa, angin akan berbelok pelan sehingga ibarat membelokkan kendaraan, maka berpotensi asap berkumpul lalu bisa mengarah ke negara tetangga," pungkasnya. (lem/rul)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER