Kanal

Dishub Siapkan Perwako Penerapan E-Tiket Bus TMP

PEKANBARU - riautribune : Hingga saat ini, Dishub Pekanbaru  mempersiapkan Perwako ke bagian hukum Pemko Pekanbaru. Hal itu agar pelaksanaan E-Tiket yang akan dilouncing pada bulan Juni mendatang bisa diterapkan. "Kita sudah usulkan perwako terkait E-Tiket untuk penumpang bus TMP ke bagian hukum. Dengan begitu,  perwako ini bisa berjalan dengan baik dan lancar," ungkap Kepala UPTD Pengelola Angkutan Perkotaan (PAP)  Wisnu Heriyanto ST melalui Kasubbag TU Bagus Saputra MM, Ahad (16 /4/17).
       
Dijelaskan Bagus, sementara is perwako yang diusulkan itu berisikan tentang SOP dan tata cara penyetoran uang angkutan bus TMP. "Mudah-mudahan pada louhcing E-Tiket nanti perwako sudah siap. Sehingga operasional E-Tiket bisa berjalan dengan maksimal," ungkap Bagus.

Bagus menerangkan, E-Tiket ini diterapkan untuk menghindari kebocoran dan demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).  Program ini  mengunakan alat mirip dengan handphone android. Sehingga penumpang yang ingin berpergian mengunakan bus TMP sebagai alat transportasi semakin cepat dan tidak perlu mengunakan karcis lagi.
 
"Jadi alat canggih yang mirip dengan handhpone android ini digunakan oleh penumpang bus TMP penganti karcis. Makanya penumpang tak perlu repot-repot lagi membeli karcis untuk masuk ke dalam bus TMP. Caranya penumpang hanya memberitahukan kepada petugas bus,  maka langsung terdata namanya. Alat ini yang menjadi bukti,  jika penumpang sudah membayar uang, " ungkap  Bagus.
      
Lebih jauh Bagus menambahkan, agar program yang diwacanakan itu bisa berjalan dengan aman dan lancar, maka pihaknya akan menyediakan alat berbasis teknologi canggih ini sebanyak 50 unit. Sehingga alat ini bisa digunakan untuk penunjang operasional di lapangan."Alat E-Tiket ini akan kita siapkan lebih kurang 50 unit. Sementara alat ini akan disiapkan di beberapa halte dan akan dioperasikan oleh petugas kita yang mengerti dengan sistim elektronik.Sehingga para penumpang yang akan mengunakan bus TMP untuk bepergian bisa dilayani dengan baik, " harap Bagus.
 
Lebih jauh Bagus menambahkan, selain itu ia berharap dengan adanya alat canggih terbaru ini tentu pelayanan yang diberikan kepada penumpang semakin akurat dan cepat. "Semoga program baru yang akan kita buat ini mendapat dukungan dari semua pihak. Namun,  yang terpenting adalah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.Selanjutnya, program ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya," harap Bagus.(urc)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER