Kanal

Satker PKPM PU Riau Turun ke Duri

DURI-riautribune: Demi untuk meningkatkan pelayanan maksimal pada para pelanggan PDAM, terutama yang berlokasi di Kota Duri, Plt.Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bengkalis, M. Yunus Zaenal, tahun 2016 nanti, akan meminta bantuan dua jenis alat ke pusat. Untuk mewujudkan hal tersebut, PDAM Bengkalis turun ke Duri bersama Tim PKPM Dinas Pekerjaan Umum (PU) Riau, Kamis (10/09).

Dua jenis bantuan yang akan diusulkan PDAM Bengkalis pada pusat tersebut, yakni pertama satu unit PSD, yang fungsinya untuk penghematan daya listrik, yang diletakkan pada panel pompa distribusi‎ pada pelanggan‎. Kedua berupa bantuan 2 unit pompa gajah jenis stanlis kapasitas 100 l-d, untuk dijadikan mesin cadangan, ketika mesin utama bermasalah.

"Sebab itu, saya bersama‎ Kasubag Perencanaan Teknik PDAM Kabupaten Bengkalis, Ridwan, turun ke PDAM Cabang Duri,‎ Jalan Karya Bakti Babussalam, dalam rangka mendampingi Pegawai Satker PKPM PU Provinsi Riau, untuk mensurvey‎ lokasi dan eksistensi pompa," ungkap Yunus dilokasi PDAM Cabang Duri, Kamis (10/09).

Yunus juga menjelaskan, terkait wacana akan meminta bantuan ke pemerintah pusat itu, menurutnya secara lisan sudah disampaikan ke Dinas PU Bengkalis. Setelah disurvey oleh pihak Satker PKPM PU provinsi dan dinyatakan layak mendapatkan bantuan, maka pihak PDAM akan menyusun persyarakat untuk mendapatkan bantuan dari pusat.‎

Sementara itu, Tim PKPM PU provinsi, Riantoni, ST‎ yang merupakan perwakilan dari pusat bidang air minum, menyebutkan pihaknya turun ke PDAM Cabang Duri ini untuk memastikan tempat akan dipasang kedua alat tersebut. "Jadi kita lihat dulu lokasinya, apakah ada tempatnya apa tidak, untuk meletakkan alat yang akan akan diusulkan ditahun 2016 tersebut, "terangnya.

Terkait bantuan yang akan diusulkan pihak PDAM Bengkalis, dapat tidaknya dari pusat itu, tergantung kelengkapan persyaratan di bidang air minum. Termasuk dalam persyaratan itu, harus dilampirkan tanda tangan minat dari pimpinan daerah (bupati-red) dan juga sepanjang pagu anggaran yang tersedia dari pusat mencukupi.

"Jadi, setelah kita survey lokasi yang ada, dapat kita simpulkan, PDAM Cabang Duri layak mendapatkan bantuan dari Pusat. Kita berharap pada pihak PDAM, agar segera menyusun berbagai persyaratan, supaya bantuan dari pusat itu dapat dikabulkan, tujuannya agar program penyehatan PDAM dapat terwujud di Bengkalis," tutup Riantoni. (afa)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER